Tinjau Lahan Pertanian, Gubernur Sugianto Tertarik dengan Biogas

Print Friendly and PDF


MUARA TEWEH - Apresiasi kepada petani padi dan jagung di Kabupaten Barito Utara, ditunjukkan Gubernur Kalimantan tengah, H Sugianto Sabran.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini bahkan rela menempuh perjalanan darat sejauh 30 kilometer, dari Desa Sikui ke Desa Mampuak, Sabtu (20/10/2018).

Sesampainya di lokasi, Sugianto bersama rombongan melakukan panen jagung menggunakan mobil panen modern. Sugianto merespon positif langkah Bupati Barito Utara, H Nadalsyah yang memotivasi petani, hingga menjadi lebih aktif dan kreatif dalam mengolah dan memanfaatkan lahan.

Sugianto juga memerintahkan Kepala Dinas Pertanian Kalteng untuk segera menganggarkan penambahan mesin panen yang djperuntukkan buat petani Desa Mamuak Satu dan Desa Mampuak Dua.

Pada kunjungan ini, Sugianto menyempatkan diri melihat kelompok peternakan masyarakat yang dikelola secara swadaya. Sugianto tampak sangat tertarik dengan biogas yang dihasilkan dari kotoran ternak.

"Saya akan menyumbang dana pribadi untuk penambahan sarana dan prasarana yang sudah diterapkan masyarakat. Saya harap kesungguhan semua pihak untuk mengembangkannya," pinta Sugianto.

Di sisa masa jabatan, Sugianto berjanji untuk berusaha maksimal melayani masyarakat. 

Menurut Sugianto, petani adalah pekerjaan yang mulia. Karena itu, Pemprov berharap petani tetap semangat dalam mengolah lahannya, serta memegang semangat gotong royong, bahu membahu, dan bekerjasama dengan kelompok tani dan masyarakat.

Sementara itu, Bupati Nadalsyah mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Kalteng maupun Anggota DPR RI dapil Kalteng yang telah membantu dan menganggarkan alat pertanian, serta peningkatan infrastruktur di Barito Utara.

Kepada petani, Nadalsyah meminta untuk serius dan memanfaatkan bantuan yang sudah maupun yang akan diberikan. Itu karena, selain melaksanakan amanah, juga untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

"Pemerintahan Kabupaten melalui Dinas Pertanian akan selalu memprioritaskan  peningkatan anggaran pertanian di Kabupaten Barito Utara," ungkap Nadalsyah.

Pada momen ini, Sugianto bersama rombongan berkesempatan menanam padi organik pada lahan tanpa dibakar. Turut hadir Anggota DPR RI, Rahmat Nasution Hamka, Plt Sekda Provinsi, Fahrizal Fitri, Wakil Bupati Barut, Sugianto Panala Putra, serta unsur FKPD Kepala Perangkat Daerah Provinsi dan Pemkab Barut.[doni]


TAG