Tingkatkan Maturitas SPIP di OPD, Pemkab Pulpis Gelar Bimtek

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melalui Inspektorat daerah setempat menggelar acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Satuan Tugas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Satuan Organisasi Perangkat Daerah (Satgas SPIP SOPD) Tahun 2018.

Bimtek tersebut dalam rangka optimalisasi satuan tugas sistem pengendalian intern pemerintah dalam peningkatan maturitas SPIP pada pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, yang berlangsung di Aula Bappedalitbang, Kamis (11/10/2018) sore.

Bupati Kabupaten Pulang Pisau, H Edy Pratowo dalam arahannya menyampaikan bahwa Bimtek ini bertujuan untuk menciptakan kesamaan persepsi dan pengetahuan dari satuan tugas dalam implementasi SPIP pada level 3 pada tahun 2019 serta mempertahankan Opini WTP dari BPK-RI.

Menurutnya, pada tahun anggaran 2017 Pemkab Pulang Pisau mendapat opini wajar tanpa pengecualian atas laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dari hasil Audit BPK - RI perwakilan Kalimantan Tengah.

Dari itu, lanjut orang nomor satu di Bumi Handep Hapakat itu, SPIP merupakan sistem pengendalian yang diselenggarakan secara menyeluruh di lingkup pemerintah pusat dan daerah yang untuk memberikan keyakinan yang memadai untuk tercapainya efektifitas dan efesiensi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah, perencanaan, kedalaman pelaporan , pengamanan aset dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan sesuai yang telah diamanatkan dalam peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2008 tentang sistem pengendalian intern pemerintah.

"Kita tentunya mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah beserta jajaran nya selaku instansi pembina SPIP atas kesediaannya sebagai nara sumber dalam hal implementasi SPIP kepada satuan tugas SPIP yang telah dibentuk casing-masing SOPD," ucapnya.

Sedikit dijelaskannya, yang menjadi dasar penilaian BPK - RI perwakilan Kalteng dalam memberikan opini terhadap laporan keuangan daerah salah satunya adalah penilaian terhadap efektifitas pelaksanaan sistem pengendalian intern (SPI).

"Saya minta semua SOPD agar bertanggungjawab penuh atas efektifitas penyelenggaraan SPIP di lingkup dinas masing-masing, dan dapat memberikan dukungan kepada satgas SPIP SOPD dalam bentuk penyediaan anggaran untuk implementasi SPIP pada masing-masing SOPD," tegas Edy mengakhiri sambutannya.[manan]


TAG