Tingkatkan Kompetensi, Tujuh Jurnalis Pulpis Ikuti UKW di Kotim

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Uji kompetensi wartawan (UKW) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) 2018 kembali digelar. Kali ini tuan rumah dan pelaksanaannya dipercayakan kepada PWI Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mulai 19 hingga 20 Oktober 2018.

Ketua PWI Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), I Nyoman Weda mengatakan, sedikitnya ada 7 wartawan dari berbagai media di Bumi Handep Hapakat yang bakal mengikuti UKW tersebut.

Para wartawan yang berasal dari media cetak, online dan elektronik itu akan mengikuti peningkatan profesionalisme wartawan terutama tingkat muda.

“Target kita di 2018 ini, 100 persen wartawan di Pulpis, khususnya anggota PWI dinyatakan kompeten. Saat ini sudah lebih dari 50 persen yang lulus UKW. Wartawan yang ingin dinyatakan kompeten harus ikut UKW. Ini syarat yang ditetapkan dari Dewan Pers,” kata Ketua PWI Pulpis I Nyoman Weda saat dibincangi awak media dalam perjalanan menuju Kotim, Jumat (19/10/2018).

Nyoman menambahkan, UKW nanti akan menghadirkan penguji yang ditunjuk langsung PWI Pusat. Selain itu, ada sejumlah mata ujian yang akan diikuti seluruh peserta, yang pada intinya tata cara pengolahan produk pemberitaan sesuai aturan.

“Ada beberapa poin yang menjadi penilaian. Mulai dari hubungan dengan narasumber, cara wawancara, perencanaan pemberitaan, dan kali ini ada tambahan mata ujian baru yaitu Kode Etik Jurnalistik,” ucapnya.

Kode etik jurnalistik ini penting dikuasai wartawan. Karena di dalamnya dijelaskan hak dan kewajiban wartawan dalam mengolah berita, hingga hak objek pemberitaan dalam hal ini narasumber.

“UKW ini sangat selektif. Ujiannya tidak main-main. Satu saja tes yang nilainya kurang dari standar, maka yang bersangkutan dinyatakan tidak lulus. Makanya bagi yang ingin ikut harus benar-benar persiapan. UKW juga salah satu syarat untuk menjadi anggota PWI yang baru,” tutupnya.[manan]


TAG