Tim Kirab Pemuda 2018 Kunjungi Ransel Buku Pemuda Petuk

Print Friendly and PDF


PALANGKA RAYA - Tim Kirab Pemuda 2018 yang merupakan muda-mudi dari 34 Provinsi seluruh Nusantara, mengunjungi Ransel Buku Ferry Irawan di Kelurahan Petuk Katimpun, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Minggu (21/10/2018).

Kedatangan perwakilan putra dan putri dari 34 provinsi di Indonesia ini, dalam rangka bakti sosial ke perpustakaan milik Ferry Irawan, pemuda asli Petuk Katimpun.

Kedatangan rombongan disambut tarian giring-giring oleh enam gadis kecil yang merupakan binaan Ransel Buku Ferry Irawan. Seusai menari, mereka membentangkan kertas besar bertuliskan selamat datang peserta Kirab Pemuda 2018 ke Ransel Buku.

Kemudian, peserta Kirab Pemuda dipersilahkan masuk ke dalam Ransel Buku. Disini, para pemuda dari seluruh Nusantara mendapatkan penjelasan dari founder Ransel Buku Ferry Irawan ini, tentang asal-usul didirikannya perpustakaan tersebut.

“Ransel Buku ini, didirikan berkat bantuan dari banyak pihak, termasuk dari Negara luar. Kami hadir untuk menyediakan buku bacaan gratis kepada anak-anak yang tinggal di pinggir sungai,” tutur Ferry membuka penjelasan.

Ferry mengatakan, sehari-harinya dari Ransel Buku inilah anak-anak Petuk Katimpun yang tinggal di daerah pinggir Sungai Rungan, banyak mendapatkan berbagai informasi dan pengetahuan melalui buku yang mereka baca.

“Ransel Buku ini buka setiap hari mulai pukul 14.00 WIB. Kami juga mendistribusikan buku bacaan dengan menggunakan perahu, karena warga di sini banyak yang tinggal di pinggir sungai,” ceritanya. 

Sementara itu, para peserta Kirab Pemuda juga melakukan perkenalan dengan anak-anak. Sesekali mereka mengajak anak-anak untuk bernyanyi. Diakhir acara, mereka memberikan bantuan berupa buku bacaan kepada Ransel Buku.[abimanyu]


TAG