SPN Kalteng Berikan Pemahaman Heatstroke kepada Polisi Pemula

Print Friendly and PDF


PALANGKA RAYA - Sejumlah personel Sekolah Polisi Negara (SPN) Tjilik Riwut Kalimantan Tengah (Kalteng) dibekali pelatihan tentang penanganan heatstroke. Pelatihan dipusatkan di Aula Grya Dwicita SPN Kalteng, Senin (1/10/2018).

dr Rini, Intstruktur Kesehatan Lapangan SPN Kalteng mengungkapkan, pelatihan heatstroke ini penting untuk memberikan pemahaman kepada seluruh personel kepolisian yang tengah menjalani masa pendidikan di SPN.

"Tujuan dilaksanakannya pelatihan ini untuk memberikan pemahaman kepada seluruh personel SPN yang masih dalam tahap pendidikan tentang heatstroke dan cara menanggulangi atau penanganannya," terang dr Rini.

Heatstroke adalan kondisi di mana saat suhu panas tubuh seseorang mengalami peningkatan secara drastis, sehingga tubuh merasa kepanasan hebat.

Menurut Rini, biasanya heatsroke ini akibat suhu panas yang ditimbulkan dari sengatan matahari di luar batas toleransi tubuh. Apalagi saat ini masih memasuki musim kemarau, di mana cuaca panas bisa mencapai 30 derajat celcius.

"Kalau ada peserta didik mengalami gejala heatstroke, seluruh pengasuh dan instruktur bisa melakukan pertolongan pertama kepada peserta didik yang mengalami gejala tersebut,” jelasnya.

Kepala SPN Tjilik Riwut Kalteng, AKBP Ruli Agus Pramono SIK menambahkan, heatstroke seperti yang disampaikan para instruktur, biasanya terjadi saat seseorang merasa kepanasan hebat akibat paparan suhu panas dari sengatan matahari di luar batas toleransi tubuh.

Namun, lanjutnya, sebagai pendidik jangan takut untuk melaksanakan jalannya pendidikan kalau sudah mengikuti prosedur atau Standar Operasi Pelaksana (SOP) yang sudah ditentukan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran lapangan.

"Makanya, di sini kita selain personel, pembelajaran ini juga untuk seluruh pengasuh dan pembina agar lebih paham dan tahu apa itu heatstroke dan bagaimana cara menangani atau menanggulanginya," pungkasnya.[abimanyu]


TAG