Sambangi MTsN 2, Satgas PPA Ingatkan Bahaya Perilaku Negatif

Print Friendly and PDF

PALANGKA RAYA - MTsN 2 Palangka Raya mendapat kunjungan dari Satuan Petugas (Satgas) Penanganan Perempuan dan Anak (PPA). Kunjungan bertujuan untuk pengawasan terhadap anak agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas yang berdampak buruk terhadap masa depan.
"Sekarang banyak hal yang dapat menghancurkan masa depan generasi muda kita, pergaulan bebas, balapan liar, kenakalan remaja, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, serta lem fox. Itu semua merupakan godaan yang dapat menghancurkan masa depan anak kita," kata Satgas PPA Kalteng, Widiya Kumala Wati, Sabtu (20/10/2018).
Menurut wanita yang akrab disapa Yaya ini, apabila tidak diwaspadai, generasi muda dikhawatirkan akan tergoda dan terjerumus ke dalam hal-hal negatif tersebut. Untuk itulah diperlukan peran orangtua dan seluruh pihak, untuk memastikan dan mengawasi pergaulan mereka.
"Di sinilah kita memerlukan perhatian khusus dari para orangtua, untuk selalu mengawasi anak mereka, khususnya ketika berada diluar kegiatan belajar mengajar, orang tua punya peran untuk mengontrol anak anaknya dimana mereka bermain dengan siapa orang tua juga harus tau," jelasnya.
Saat anak berada di lingkungan sekolah dan kegiatan belajar mengajar, pengawasannya menjadi tugas dari para guru di sekolah. Ketika berada di luar jam belajar, pengawasan pergaulan mereka pun menjadi tugas dari orangtua. Orangtua juga harus intens komunikasi dengan gurunya bagaimana perilaku anak selama di sekolah.
"Kita terus mengingatkan kepada orangtua untuk selalu mengawasi anak mereka. Jangan sampai karena kurangnya pengawasan, mereka malah terjebak dan melakukan kegiatan negatif yang dapat merusak masa depan," ujarnya.
Caranya mendorong anak untuk berkegiatan positif, lanjutnya, seperti mengikuti ekstrakurikuler di sekolah, membaca buku, menanamkan nilai nilai agama dan kegiatan positif lain. Inilah yang akan menjadi bekal mereka di masa depan.
"Kita dari Satgas PPA Provinsi Kalteng akan selalu mengedukasi, di manapun satgas berada baik di sekolah maupun pada masyarakat umumnya, dan terus kami lakukan," tutupnya.[abimanyu]

TAG