Ratusan Pemuda Kalteng Gelar Ikrar Bersama di Bundaran Besar

Print Friendly and PDF

PALANGKA RAYA - Forum Masyarakat Dayak Kalimantan Tengah (Formad-KT) dan Forum Pemuda Dayak (Fordayak) menggelar apel besar pemuda dayak di kawasan bundaran besar Kota Palangka Raya, Selasa (30/10/2018).

Ini dilakukan sekaligus untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90 dengan tema "Pemuda Pemudi Kalimantan Tengah Siap Menjaga Keutuhan NKRI Tanpa Membedakan Suku, Agama, dan Ras".

Selain Formad dan Fordayak, upacara juga diikuti ormas dan komunitas di Kota Palangka Raya, seperti Koppad Borneo, Batamad, Ipatmie Bawi Dayak, Folk of Dayak, Arek Bonek Palangka Raya, Gepak, Forum Komunikasi Pemuda Kalteng, Koti Pemuda Pancasila, Arema Palangka Raya, Reok Ponorogo dan Sanggar Seni Budaya TWH.

Bertugas sebagai komandan upacara Bambang Irawan SSTPi, Ketua Umum Fordayak Kota palangka Raya, dan bertindak sebagai inspektur upacara Effendi Bachtiar SH, Ketua Formad-KT.

"Kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor untuk terus membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini, dan jangan sampai kita cedrai perjuangan mereka," kata Effendi dalam pidatonya.

Sesuai dengan semangat Sumpah Pemuda ini, baik dari suku lain, pendatang, keturunan atau putra daerah yang tinggal di Kalimantan Tengah, diminta untuk selalu menjaga ketertiban dan keamanan di Bumi Tambun Bungai.

"Situasi kondusif ini bukan hanya tanggungjawab pihak keamanan, namun merupakan tanggungjawab kita bersama sebagai masyarakat yang tinggal di Kalimantan Tengah," jelasnya.

Pada kesempatan ini juga dibacakan ikrar dalam rangka menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah, keselamatan bangsa, dan kelangsungan hidup NKRI. Di momen ini masyarakat Kalimantan Tengah lantang berikrar.[abimanyu]

Berikut bunyi ikrar:
"Kami masyarakat Kalimantan Tengah setia kepada pancasila dan UUD 1945, Kami masyarakat Kalteng siap mati membela bangsa dan negara Indonesia, Kami masyarakat Kalteng siap berkorban demi kedaulatan bangsa dan negara, Kami masyarakat kalteng siap menumpas pihak yang mengganti ideolodi negara, Kami masyarakat Kalteng menyatakan, bumi Tambun bungai, Bumi Pancasila, Bumi Bhineka Tunggal Ika, merupakan bagian tidak terpisahkan dari NKRI".


TAG