Pramuka Rumah Kita Bersama, Perekat NKRI

Print Friendly and PDF

KUALA KAPUAS – Wakil Bupati Kapuas Drs HM Nafiah Ibnor MM selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kapuas bertindak selaku Pembina Upacara pada Peringatan Hari Pramuka Ke – 57 Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kapuas Sabtu (27/10/2018) siang di Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas.

Upacara yang diawali dengan Adat Ambalan Isen Mulang yang dipimpin Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kapuas Rianova SH dihadiri pula Forkopimda dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah selaku Anggota Mabicab serta ribuan Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega yang memadati lokasi upacara.

HM Nafiah saat mengawali membacakan sambutan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka itu menyampaikan permohonan maaf Bupati KapuasbKak Ir Ben Brahim S Bahat MM MT yang tidak dapat hadir karena sedang berdinas keluar daerah dan menyampaikan salam untuk seluruh Anggota dan Pembina Pramuka Kapuas.

Dalam konteks Indonesia, Gerakan Pramuka menjadi Rumah Kita Bersama dan itulah harapan bangsa ini kepada  Gerakan Pramuka. Sekat-sekat kamar telah diisi oleh partai politik, dan kamar lainnya mungkin telah diisi oleh suku-suku yang ada di Indonesia, golongan atau kelompok lainnya.

Untuk itulah, Hari Pramuka ke- 57 sekarang ini kita mengangkat tema “Pramuka Perekat NKRI”. Gerakan Pramuka tetap konsisten dan fokus untuk mendidik karakter kaum muda Indonesia untuk bersatu menjaga persatuan dan kesatuan demi utuhnya NKRI.

"Kami selalu bekerja keras untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia. Untuk itu, saya menghimbau kepada  publik  secara luas khususnya para orangtua dan guru, agar tidak ragu memberi kesempatan kepada putra-putrinya untuk mengikuti kegiatan kepramukaan," tuturnya.

Sebagai tahun politik yang ditandai dengan penyelenggaraan Pilkada gubernur dan bupati/walikota beberapa bulan yang lalu, pencalonan anggota legislatif serta pencalonan Presiden dan Wakil Presiden.

"Saya berpesan hendaknya Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan luar sekolah jangan terlibat dalam kegiatan politik praktis. Untuk itu, saya mengharapkan kepada seluruh jajaran Pramuka utamanya anggota dewasa baik sebagai Majelis Pembimbing, Andalan, Pelatih, Pembina, Pamong Saka Dan Instruktur agar merapatkan barisan untuk bekerjasama secara sinergis mempercepat mewujudkan kaum muda yang luhur, berkarakter, berwatak, handal dalam berfikir dan bertindak, memiliki jiwa bela negara, dan terampil dalam berbagai kecakapan sebagai bekal hidup kelak,” ucap HM Nafiah

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana H Suwarno Muriyat dalam laporannya menyebutkan bahwa Peringatan Hari Pramuka Ke – 57 dirangkai pula dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke- 90 dalam bentuk Perkemahan sejak 27 – 29 Oktober di Bumi Perkemahan Sanggar Pramuka Kapuas diikuti sebanyak 676 peserta mewakili Kwaran, Gudep dan Saka.

“Selama tiga hari Pramuka Penggalang, Penegak dan Pandega hidup dalam perkemahan. Mereka melakukan hyking, membangun menara, bakti sosial dan penyuluhan. Dilakukan pula pawai karnaval, kebersihan tenda, pentas seni dan pelatihan singkat menjadi Pembantu Pembina Pramuka oleh 20 Pelatih Pembina Pramuka Alumni Karang Pamitran Nasional  2018 serta Bazar Siaga diikuti Pramuka Siaga dalam Kota Kuala Kapuas,” lapor Suwarno.

Pri yang juga Sekretaris Kwarcab Kapuas ini menambahkan diberikan pula Penghargaan Kwartir Nasional berupa Lencana Melati dan Dharma Bakti serta Pancawarsa IV, III, II dan I kepada Pelatih dan Pembina se Kwarcab Kapuas.

Setelah melalui proses oleh Dewan Kehormatan ditingkat Cabang, Daerah dan Nasional yang menilai dedikasi, loyalitas, ketulusikhlasan sebagai Pelatih dan Pembina Pramuka yang sejalan dengan Trysatya dan Darma Pramuka, telah ditetapkan 29 penerima penghargaan dari Kwarcab Kapuas dalam tahun 2018.

“Sebanyak 22 Penerima Pancawarsa telah disematkan oleh Wakil Bupati Kapuas (27/10) di Kuala Kapuas dan Senin (29/10) akan disematkan oleh Gubernur Kalimantan Tengah di Palangka Raya kepada satu Pembina Pramuka penerima Lencana Melati dan 6 Lencana Darma Bakti sedangkan," pungkas H Suwarno.[angga]


TAG