Porprov Pertama di Luar Ibukota Resmi Dibuka Gubernur

Print Friendly and PDF

MUARA TEWEH - Untuk kali pertama dalam sejarah olahraga Kalimantan Tengah, Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) digelar di luar ibukota Palangka Raya. Kali ini, multi event Bumi Tambun Bungai dilangsungkan di Kota Muara Teweh, Barito Utara.
Dipusatkan di Arena Tiara Batara, opening ceremony Porprov XI digelar. Porprov edisi 2018 ini sendiri resmi dibuka Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, Jumat (19/10/2018) malam. Ribuan atlet plus ofisial, serta warga tampak antusias mengikuti upacara pembukaan Porprov.
Kemegahan sekaligus prosesi pembukaan Porprov ditandai dengan penyalaan obor. Tercatat sebanyak 3.708 atlet dan 866 ofisial berlaga sekaligus meramaikan pesta olahraga terakbar di Kalteng.
Di momen bersejarah ini, Gubernur Sugianto menyampaikan apresiasinya terhadap panitia penyelenggara serta Pemerintah Kabupaten Barut atas terselenggaranya kegiatan ini.
Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini berharap, selain menjadi sarana silaturahmi, ajang ini juga dapat menjaring atlet-atlet lokal di berbagai pelosok Kalteng. Prestasi juga diharapkan dapat merata pada seluruh kabupaten/kota di Kalteng.
"Ke depannya kita berharap dapat meningkatkan prestasi bagi provinsi dalam ajang Pekan Olahraga Nasional," tutur Sugianto.
Upacara pembukaan turut dihibur penampilan senam meraih bintang dari PKK Barut yang mejadi juara satu Jambore PKK Kalteng dan juara dua tingkat nasional pada ajang yang sama.
Pada akhir acara undangan dan penonton dihibur penampilan artis ibukota, Bian Gindas.
Pembukaan juga tampak dihadiri perwakilan Anggota DPR RI Dapil Kalteng, para Bupati dan Wakil Bupati dan Ketua DPRD se-Kalimantan Tengah, mantan Wakil Bupati, Unsur FKPD dan Kepala Perangkat Daerah lingkup Barito Utara.
Pada kesempatan ini, Sugianto juga menyerahkan bantuan keuangan kepada Pemkab Barut melalui APBD Pemerintah Provinsi Kalteng tahun anggaran 2019 tahap pertama uang senilai Rp25 miliar yang diperuntukkan buat pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muara Teweh.[deni]

TAG