Peringati Hari Sumpah Pemuda, Pemkab Gelar Upacara di Stadion Panunjung Tarung

Print Friendly and PDF

KUALA KAPUAS - Upacara peringtaan Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018 digelar Pemerintah Kabupaten Kapuas  di Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas, Senin (29/10/2018) pagi. Upacara diinspekturi langsung Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat.

Turut hadir Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas, Ary Egahni Ben Bahat, Wakil Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor beserta isteri, Forkopimda, para SOPD, tokoh agama, tokoh masyarakat dan para pelajar serta para pemuda yang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam sambutannya, Bupati Ben membacakan secara langsung Pidato tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi. Ia menerangkan Hari Sumpah Pemuda merupakan hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia.

"Kita semua berhutang budi kepeda para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan sumpah pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan Negeri ini," ucapnya.

Dengen tema Bangun Pemuda Satukan Indonesia, Bupati Kapuas menerangkan bahwa tema tersebut diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan dan kebangsaan berdasarkaan Pancasila dan Undang-Undang  Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Terkait Revolusi Mental yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju, karamena ciri pemuda yang yang maju adalah pemuda yang berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing, dengan mewujudkan pemuda yang maju berarti kita dapat menghasilkan Bangsa yang hebat.[angga]


TAG