Peras Supir Truk, Tiga Oknum Mengaku LSM Ini Diciduk

Print Friendly and PDF


KASONGAN - Kejahatan jalanan merupakan jenis kejahatan yang paling dekat dengan masyarakat dan dianggap sangat meresahkan. Hal itu karena akibatnya langsung dirasakan oleh masyarakat itu sendiri. Mengingat kejahatan jalanan senantiasa melingkupi kehidupan masyarakat, sehingga diperlukan penanganan teknis dalam penanggulangannya.

Kebanyakan tindak kejahatan jalanan seringkali terjadi di jalan raya. Sejatinya jlan raya merupakan salah satu sarana penting bagi masyarakat dalam beraktivitas dan berinteraksi sosial dengan masyarakat lainnya.

Sesuai perintah Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian kepada semua Pimpinan Polri di Kewilayahan mulai dari tingkat Polda sampai dengan Polsek untuk membasmi semua jenis Kejahatan Jalanan.

Aksi nyata langsung dilakukan oleh Polres Katingan dengan berhasilnya mengungkap Kejahatan Jalanan yang ada di Wilayah Hukum Polres Katingan pada hari Kamis (25/10/2018).

Tim Polres Katingan dalam rangka penindakan pelaku pidana kejahatan jalanan telah mengamankan tiga oknum mengatasnamakan LSM yang diduga meminta sejumlah uang terhadap truk angkutan yang melintas di sekitar daerah jembatan danau Mare Tumbang Samba Katingan.

Berawal dari adanya laporan pengaduan dari para supir truk yang sering melintas di Jembatan Mare Desa Tumbang Samba, Kecamatan Katingan, lantaran sering diperas tiga laki-laki yang tidak dikenal kemudian Polisi mengembangkan berita tersebut dengan melakukan penyelidikan.

Berdasarkan laporan informasi, Kapolres Katingan AKBP E Dharma B Ginting SH SIK MH memerintahkan Tim Khusus Polres Katingan melakukan patroli dalam rangka penindakan pelaku pidana kejahatan jalanan yang meresahkan masyarakat.

Benar saja, saat personel Polres Katingan melewati Jembatan Mare Desa Tumbang Samba, menemukan tiga orang yang sedang memberhentikan truk warna merah. Setelah dilakukan pengecekan dan pemeriksaan diketahui bahwa ketiga orang tersebut telah melakukan pemerasan terhadap supir truk tersebut yang setelah di periksa membawa kayu olahan jenis meranti yang memiliki dokumen resmi. Selanjutnya ketiga orang tersebut dibawa ke Polres Katingan untuk diamankan dan diproses lebih lanjut.

Oknum yang mengatasnamakan LSM yang berhasil diamankan tersebut, di antaranya berinisial IH (43) warga Desa Tumbang Kalemei, Sur (58) Ag (62) warga Desa Samba Danum kecamatan Katingan Tengah.

Mereka diamankan beserta barang bukti berupa uang tunai berjumlah Rp500.000, satu buah kartu tanda pengenal Pers, satu buah tanda pengenal LSM, satu unit sepeda motor Yamaha Vixion warna merah hitam, dan 1 unit motor Yamaha Vega warna merah hitam.

Kapolres Katingan AKBP E Dharma B Ginting SH SIK MH melalui Kasat Reskrim AKP Edia Sutaata SH MH mengatakan, para oknum LSM ini sudah sangat meresahkan tidak hanya bagi para supir truk saja tetapi juga berimbas kepada ketakutan masyarakat yang melintas di jalan tersebut.

"Tiga orang oknum yang mengatasnamakan LSM ini sudah terbukti melakukan pemerasan di jalan sudah diamankan dan dikenakan sangkaan pasal 368 KUHP," tutupnya.[abimanyu]


TAG