Pemkab Pulpis Bahas Bantuan Hukum Gratis Bagi Masyarakat Miskin

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melalui Bagian Hukum Setda Pulang Pisau menggelar rapat koordinasi Ranham, peduli HAM, aksi HAM dan sosialisasi perundang-undangan tingkat kabupaten Pulang Pisau.

Kegiatan yang dilaksanakan, di Aula Bappedalitbang pada Kamis (11/10/2018) pagi itu diikuti oleh kepala desa (kades), camat dan mantir adat kabupaten setempat.

Dalam arahannya, Bupati H Edy Pratowo yang disampaikan Asisten I Setda Pulpis, Susilo I Tamin mengingatkan kepada seluruh peserta rakor agar selalu mengedepankan akan pentingnya persoalan Hak Asasi Manusia (HAM).

Untuk itu dia meminta kepada masing-masing OPD. Baik tingkat kabupaten dan kecamatan agar serius dan sungguh-sungguh dalam memperhatikan hal-hal yang menyangkut dengan persoalan HAM tersebut.

"Ini akan mengukur sejauh mana keberpihakan Pemerintah Daerah dalam aspek-aspek HAM dalam penyusunan program pembangunan yang diimplementasikan pada program kerja OPD baik tingkat kabupaten maupun kecamatan," ucapnya pada kesempatan itu.

Ia menambahkan, materi yang disampaikan dalam rakor ini terkait dengan bantuan hukum gratis bagi masyarakat miskin, konsekuensi hukum dikeluarkannya keputusan pejabat tata usaha negara oleh pejabat tata usaha negara dan tentang penyalahgunaan media sosial menurut UU ITE. 

"Untuk bantuan hukum gratis bagi masyarakat miskin kita tugaskan secara khusus kepada Asisten I Sekda Pulpis bersama bagian Hukum Setda yang akan belajar langsung ke Pemko Tangerang Selatan guna melakukan kaji banding rencana penyusunan Raperda tentang bantuan hukum gratis bagi masyarakat miskin di Kabupaten Pulpis. Hal ini juga kita harapkan agar dirumuskan dalam waktu yang tidak terlalu jauh," tuturnya mengungkapkan.[manan]


TAG