Pemilu 2019, Warga Pindah Tempat Memilih Wajib Kantongi Formulir A5

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Dalam Pemilu 2019,  warga bisa berpindah tempat memilih. Itu berlaku jika sebelumnya mengantongi formulir A5 yang diberikan penyelenggara Pemilu setempat.

Adi Resido, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Divisi Data, Senin (8/10/2018) mengatakan, formulir A5 akan diberikan jika pemilih terkait yang ingin menggunakan hak suara telah mengurus perpindahan tempat memilih.

"Warga yang pindah memilih sebelumnya sudah masuk DPT di suatu TPS, setelah mengurus formulir A5 nantinya bisa digunakan saat hari pemungutan suara, ditempat pindahnya," jelas Adi Resido, dikonfirmasi di Kantor KPU, Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas.

Ketentuan itu, lanjutnya, sebagaimana di pasal 36 dan 37, peraturan KPU RI nomor 11 Tahun 2018, pada Pemilu 2019 ini dimasukan dalam daftar pemilih tambahan (DPTb).

"Masuk sebagai DPTb dikarenakan beberapa  keadaan tertentu," imbuh Adi.

Di antaranya sambung Adi, yang bersangkutan menjalankan tugas pekerjaan di tempat lain pada hari pemungutan suara, atau sedang  menjalani rawat inap di rumah sakit, sedang menjalani rehabilitasi narkoba, menjalani tahanan di rumah tahanan, tugas belajar atau sedang menempuh pendidikan.

"Untuk pindah tempat memilih, harus memenuhi beberapa persyaratan, melaporkan hal itu kepada penyelenggara setempat,  dalam hal ini KPU atau PPK dan PPS tempat pindahnya, hingga mendapatkan formulir A5," jelasnya lagi.

Selain itu, lanjut Adi, melalui gerakan melindungi hak pilih (GMHP), KPU mengajak berbagai elemen masyarakat untuk melakukan pengecekan, memastikan apakah apakah telah terdaftar sebagai pemilih dalam Pemilu 2019.[zulkifli]


TAG