Pembinaan Olahraga Ditangani KONI, Ini Kata Kadispora...!

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Kewenangan pembinaan prestasi olahraga sepenuhnya ada di tangan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Kendati demikian, koordinasi tetap harus dilakukan dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), mengingat instansi plat merah ini memiliki peran pengawasan.

Plt Kepala Dispora Pulang Pisau, Sekon, Senin (22/10/2018) mengatakan, pembinaan olahraga dan program khusus olahraga berskala besar saat ini sudah bukan lagi kewenangan Dispora. Ini lantaran posisi pembinaan secara keseluruhan sudah melekat pada KONI Kabupaten.

"Hampir semua kegiatan kita tidak pegang, sekarang semua sudah dipegang oleh KONI. Kita tidak memiliki fungsi untuk menangani olahraga yang sifatnya besar seperti Porprov yang tengah berlangsung ini," ucap Sekon kepada awak media.

Menurut Sekon, sampai saat ini pihaknya hanya sebatas pengawasan yang masih melekat. Untuk pembinaan atlet tidak ada fungsi, meski seharusnya antara Dispora dan KONI ada keterkaitan satu sama lainnya soal olahraga.

Sekon mengakui sampai sekarang dalam pembinaan atlet, Dispora tidak berfungsi dan tidak memiliki peranan penting dalam kepengurusan di tubuh KONI.

"Untuk program olahraga dan lain sebagainya kita tidak terlibat lagi, dan termasuk Porprov 2018 ini kita tidak dilibatkan. Kalau di Provinsi kita akui Dispora itu berfungsi, tapi kalau di Kabupaten ini kita tidak sama sekali," beber Sekon.

Tentang peranan Dispora, lanjut Sekon, pihaknya saat ini hanya melaksanakan kegiatan di tingkat pelajar. Untuk urusan pengurus cabang (Pengcab) dipegang langsung oleh KONI sampai pada pengurusan anggaran langsung dikelola oleh KONI.

"Nah, untuk pertanggungjawaban khususnya dalam anggaran olahraga besar seperti Porprov, itu tentunya KONI yang mempertanggungjawabkan keuangannya, dan termasuk laporan kepada Bupati. Di sini kadang ada yang salah paham, dikira kita mempunyai peranan penting, khususnya olah raga, sementara sekarang ini kita sudah tidak difungsikan lagi," ungkap Sekon.[manan]


TAG