Pelihara Sumber Daya Air, Ini Empat Tujuan Ratek di Pulpis

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Rapat Teknis (Ratek) Operasi dan Pemeliharaan (O & P) Sumber Daya Air se-Kalimantan Tengah (Kalteng) 2018 digelar di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Handep Hapakat, Kamis (25/10/2018).

Ketua panitia pelaksana Rapat Teknis O & P, Usis I Sangkai mengatakan, maksud dan tujuan digelarnya rapat ini ialah untuk memberikan gambaran secara nyata terhadap pelaksanaan sumber daya air di masing-masing wilayah dan mengevaluasi terhadap pelaksanaan O & P bidang sumber daya air tahun yang lalu.

Selanjutnya, kata Usis, untuk tujuan pelaksanaan ratek O & P ini, pertama agar adanya kesepakatan pengelolaan daerah irigasi, rawa, air baku dan prasarana sumber daya lainnya antara Pemerintah Kabupaten, Provinsi maupun Pemerintah Pusat. Kedua, adanya sinkronisasi kegiatan usulan DAD kabupaten dan provinsi.

Sedangkan tujuan ketiga untuk mengevaluasi isu-isu strategis hasil konsultasi regional tahun 2017 di Yogyakarta, dan yang keempat adanya inventarisasi alih fungsi lahan di setiap daerah irigasi atau daerah rawa.

"Itulah di antara tujuan dilaksanakannya Ratek OP ini," tukas Usis pada kesempatan itu.

Seterusnya, Usis menerangkan, untuk output yang dihasilkan dari pelaksanaan rapat teknis se-Kalimantan Tengah ini, ialah pelaksanaan kegiatan OP prasarana sumber daya air yang dilaksanakan tahun 2017 dan 2018 sesuai kewenangannya oleh Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi berupa pelaksanaan OP.

Output selanjutnya, renja kegiatan OP prasarana SDA tahun 2019 yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat. Juga, output terakhir tentang tata kelola OP prasarana sumber daya air (organisasi, SDM dan lain-lainnya).

"Semoga dengan terlaksananya ratek ini akan membawa daerah ke arah yang lebih baik lagi, khususnya bagi daerah pasang surut," tukas Usis.[manan]


TAG