Naskah Raperda Perubahan APBD 2018 Diserahkan

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS – Naskah Keputusan Dewan terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Kapuas Tahun Anggaran 2018 disepakati bersama antara pihak Eksekutif dan Legislatif dalam sidang paripurna yang digelar, Senin (22/10/2018) lalu di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kapuas.

Pengesahan dan penandatanganan ini dilakukan oleh Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT, Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Algrin Gasan dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Robert L Gerung dan Indah Purwanti. Selanjutnya naskah persetujuan DPRD itu diserahkan oleh Ketua DPRD Kapuas kepada Bupati Kapuas dan disaksikan oleh seluruh anggota DPRD Kabupaten Kapuas.

Acara persetujuan dan penandatanganan tersebut bertepatan dengan Rapat Paripurna Ke 5 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2018. Tampak pula, Kepala Kejaksaan Negeri Kapuas, perwakilan dari Polres Kapuas, perwakilan dari Dandim 1011/klk, Kepala Pengadilan Agama, Sekda Kabupaten Kapuas, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala SOPD lingkup Pemkab Kapuas, BUMN/UMD, Kepala Bagian, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, LSM dan Pers.

Sebelum penandatanganan dan penyerahan naskah, dibacakan terlebih dahulu penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi pendukung dewan terhadap RAPERDA Perubahan APBD Tahun Anggaran 2018, dimana ketujuh fraksi pendukung dewan menerima dan menyetujui untuk ditetapkan sebagai Peraturan Daerah Kabupaten Kapuas sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Bupati Kapuas dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Kabupaten Kapuas memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kapuas atas semangat dan kerjasama yang luar biasa untuk mempercepat menyelesaikan pembahasan sesuai mekanisme dan tata tertib dewan.

“Dalam perjalanan tahapan pembahasan yang semakin sangat baik, maka Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2018 dapat kita selesaikan dengan begitu luar biasa,” kata Ben Brahim.

Kemudian, ia mengungkapkan, dalam tahapan pembahasan yang telah dilalui, saran dan pendapat serta masukan-masukan dari anggota dewan akan menjadi perhatian Pemerintah Daerah, karena semua pihak yakin hal tersebut merupakan aspirasi dan keinginan masyarakat Kabupaten Kapuas yang disalurkan melalui wakil-wakilnya yang ada di dewan terhormat ini demi peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kapuas.

“Kita sepakat anggaran yang dibelanjakan harus benar-benar menunjukkan skala prioritas, mengurangi belanja yang bersifat operasional dan memberi porsi anggaran yang lebih besar untuk pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat, serta kemajuan pembangunan Kabupaten Kapuas,”tuturnya.

Lebih lanjut, Ben mengatakan usaha yang sudah dilakukan cukup maksimal, agar APBD nantinya dapat benar-benar mencerminkan suatu perencanaan yang matang, dengan harapan dapat menggerakkan roda perekonomian dan pembangunan Kabupaten Kapuas.

Ia mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada pimpinan dewan, ketua-ketua komisi, ketua-ketua fraksi dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Kapuas, karena akhirnya Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Kapuas tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Kapuas Tahun Anggaran 2018, dapat disetujui dan disepakati bersama dan selanjutnya akan disampaikan kepada Gubernur Kalimantan Tengah untuk dilakukan evaluasi.[angga]


TAG