Mewujudkan Optimisme Jurnalis Lokal

Print Friendly and PDF

KEINGINAN untuk berkembang dan maju, menginspirasi beberapa jurnalis Kalimantan Tengah untuk membentuk sebuah media. Ditandai dengan pertemuan-pertemuan kecil, visi misi membangun media pun mulai dirangkai bersama.

Pengalaman bekerja sekaligus bertugas di sejumlah media harian di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan, dirasa cukup sebagai modal untuk mewujudkan cita-cita membangun media lokal yang berintegritas di Bumi Tambun Bungai.

Kuatnya tekad untuk mendirikan media, seakan menepikan segala kekurangan yang dimiliki. Saat itu, melangkah dianggap lebih penting ketimbang harus terlalu lama mengonsep sebuah rencana untuk direalisasikan menjadi wujud nyata.

Alhasil, berbekal pengalaman dan niat untuk menambah khazanah permediaan di Kalimantan Tengah, membulatkan tekad Anshari, Rosario, Deni Liwan, Angga Cahya Cipta dan Doni Saputra Indra dalam merealisasikan media.

Bernaung di bawah perusahaan PT Maju Bersama Media (MBM), media pemberitaan bernama Kabar Kalteng pun dilahirkan, tepatnya pada 21 Mei 2017 pukul 21.00 WIB di Kota Palangka Raya. Dengan segala pertimbangan, terutama keterbatasan finansial, lima jurnalis Borneo ini mendirikan media online www.kabarkalteng.com.

Sembari memperbaiki segala kekurangan, beberapa pekan setelah media online berselancar di dunia maya, manajemen PT MBM pun memutuskan untuk menerbitkan versi cetak dengan nama yang sama Kabar Kalteng.

Bagi jurnalis Kalteng ini, keberadaan Kabar Kalteng setidaknya bisa menjadi referensi informasi yang memberikan nilai edukasi dan sosial kontrol. Selain itu, setidaknya keberadaan Kabar Kalteng juga bisa memperkaya Khazanah Permediaan di Kalimantan Tengah.

Apa yang diorbitkan jurnalis asli lokal Kalteng ini, sejatinya juga bisa membuka mata dan teliga para pengambil kebijakan maupun masyarakat Kalimantan Tengah untuk bersama-sama mendukung, bahkan ikut membesarkan media lokal asli orang Kalteng ini.

Masyarakat Kalteng juga patut bangga, mengingat keredaksiaan Kabar Kalteng 100 persen dikelola jurnalis Kalimantan Tengah. Tampilan dan penyajian berita-berita juga tak kalah bersaing dengan media yang sudah ada di Kalteng.

Bagi manajemen Kabar Kalteng, menyajikan berita dengan gaya penulisan yang khas dan tetap mengacu pada kode etik jurnalistik serta sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia, menjadi keharusan.

Ini penting agar pembaca bisa memahami maksud berita, dan tujuan untuk mengedukasi tetap tersampaikan ke masyarakat ataupun pembaca. Dengan tagline informatif dan edukatif, cukup mengindikasi jika Kabar Kalteng ingin memberikan referensi informasi yang mendidik untuk kemajuan pembangunan di Kalimantan Tengah.

Bagi kami, mewujudkan optimisme harus dimulai dengan langkah konkret atau tidak sebatas angan-angan, tanpa gerak dan karya nyata. Minimal, keberadaan Kabar Kalteng harus disadari masyarakat sebagai wahana informasi.

Karena itu, kami sangat mengharapkan dukungan dan kerjasama kepada semua pihak. Ini penting, agar Kabar Kalteng yang telah dilahirkan ini bisa berjalan dan berkembang, sesuai rencana dan impian masa depan jurnalis muda Kalimantan Tengah.[]

TAG