Meriahkan HSN, Ponpes Thalabul Irsyad Gelar Lomba dan Upacara

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS – Untuk memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2018, Pondok Pesantren (Ponpes) Thalabul Irsyad Kapuas menggelar upacara, Senin (22/10/2018). Ratusan santri tampak mengenakan baju koko, sarung, serta peci bagi santri laki-laki, dan santri putri mengenakan jubah.

Suhardi SPd.I MA, Pendiri Ponpes Thalabul Irsyad bertindak sebagai Pembina upacara. Di momen ini, Ia membacakan  amanat tertulis Menteri Agama Republik Indonesia bertema 'Bersama Santri Damailah Negeri'.

"Isu perdamaian diangkat sebagai respon atas kondisi bangsa Indonesia yang saat ini sedang menghadapi berbagai persoalan, seperti maraknya hoaks, ujaran kebencian, fitnah, adu domba, polarisasi dukungan politik, propaganda kekerasan, hingga terorisme," ucap Suhardi.

HSN 2018 ini, sambungnya, merupakan momentum untuk mempertegas peran santri sebagai pionir perdamaian yang berorientasi pada spirit moderasi
Islam di Indonesia.

"Dengan karakter kalangan
pesantren yang moderat, toleran, dan komitmen cinta tanah air, diharapkan para santri semakin vokal untuk
menyuarakan dan meneladankan hidup damai serta menekan lahirnya konflik di tengah-tengah keragaman masyarakat," papar aktivis NU ini.

Dalam amanat tertulis itu Menag juga mengajak menebarkan kedamaian, kapan pun, di mana pun, dan kepada siapa pun.

Usai upacara dilakukan pembagian hadiah lomba pertandiangan bola voli, tilawah dan pembacaan puisi, baik pelajar putra maupun putri yang digelar sebelumnya pada Sabtu (20/10/2018), dan diikuti oleh siswa-siswi  tingkat SLTP dan SLTA di Kecamatan Pulau Petak.

“Tahun depan akan dilakukan kembali peringatan Hari Santri Nasional dengan lebih meriah, dengan diadakan beberapa lomba kesenian dan olahraga,” kata Suhardi.

Dengan harapan, lanjutnya, support yang lebih lagi bagi pembuat kebijakan, untuk semarak HSN.[zulkifli]


TAG