Menyamar, Aparat Berhasil Ciduk Sepasang Pengedar Sabu saat Transaksi

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Dengan cara menyamar, sepasang bandar Narkoba jenis sabu MN dan NM berhasil diciduk aparat Satresnarkoba Kepolsian Resort (Polres) Barito Selatan, saat melakukan transaksi di Kota Buntok, Senin (8/10/2018) malam.

Diceritakan Kapolres Barsel, AKBP Eka Syarif Nugraha Husen SIK MSi, melalui Kasatresnarkoba, Iptu Sanip SH, penangkapan pertama dilakukan pada Senin siang (8/10/2018), sekitar pukul 02.30 WIB di sebuah barak di Gang Takam, Kelurahan Hilir Sper, Kecamatan Dusun Selatan, Barsel, terhadap tersangka MN seorang pria warga Kota Buntok.

"Dari tangan tersangka pertama ini, kami temukan barang bukti bubuk kristal yang diduga narkoba jenis sabu seberat 3,5 gram yang dibagi di dalam 12 kantong klip kecil dan uang tunai sebesar Rp2.500.000, yang diakui oleh pelaku merupakan hasil penjualan sabu," terang Sanip.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan pengembangan, dari keterangan tersangka pertama MN, didapatkanlah identitas tersangka kedua yakni NM seorang perempuan asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Untuk menangkap tersangka kedua ini, aparat Satresnarkoba Barsel akhirnya membuat skenario penangkapan dengan cara menyuruh tersangka pertama, yakni MN untuk memesan lagi barang haram tersebut kepada NM.

Sekitar pukul 22.00 WIB, Senin malam (8/10/2018), NM tiba di seputaran Bundaran Sanggu, Desa Sanggu, Kecamatan Dusun Selatan, Barsel, untuk melakukan transaksi dengan MN, yang tidak lain adalah tersangka pertama yang dijadikan umpan.

Setibanya di sekitar bundaran Sanggu, NM yang berkendara menggunakan sepeda motor dan tengah berpura-pura singgah untuk membeli BBM, berhasil dibekuk petugas yang menyamar sebagai pedagang.

Saat digeledah, dari tersangka NM ini, didapatkan dua kantong plastik klip butiran kristal yang diduga narkoba jenis sabu seberat 10 gram, yang disembunyikan tersangka di dalam sebuah kantong plastik hitam di dekat tempat duduknya.

"Berdasarkan pengakuan NM, barang haram tersebut merupakan miliknya sendiri yang sengaja dibawa dari Bajarmasin dan hendak diantarkan kepada pemesan melalui HP di Buntok," beber perwira berpangkat dua balok tersebut.

Keduanya kini ditahan di Mako Polres Barsel, guna penanganan lebih lanjut dan keduanya disangkakan dengan Pasal 112 ayat (2) dan Pasal 114 ayat (2), UU Nomor RI Nomor 35 Tentang Narkotika.[tampetu/deni]


TAG