Menuju Sekolah Adiwiyata Nasional, Ini Langkah Persiapan MAN Kapuas

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Langkah untuk mewujudkan keinginan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Selat, Kapuas, Kalteng, menuju sekolah Adiwiyata di tahun 2018, semakin dimantapkan.

Sriadi MP.d, Kepala MAN Selat, Jumat (26/10/2018) mengatakan, untuk mewujudkan sekolah Adiwiyata, manajemen MAN Selat sudah melakukan persiapan yang maksimal dalam sebulan terakhir ini.

"Semua sudah kami siapkan ketentuan yang ada di penilaian Adiwiyata, termasuk dari kurikulum, semua berkas sudah kami kirim ke Jakarta" kata Sriadi kepada KabarKalteng, di Kuala Kapuas.

Kesiapan, lanjut dia meliputi, taman-taman, jenis-jenis tumbuhan dan pepohonan yang telah dinamai, selain itu aksi-aksi lingkungan dari siswa-siswi dan guru, sebagaimana indikator untuk penilaian.

"Aksi dari siswa dalam kepedulian kepada lingkungan, mulai dari kebersihan, gerakan siswa, OSIS, pramuka, PMR, semua harus bergerak peduli kebersihan," imbuh Kepala Madrasah dengan sederet prestasi ini.

Aksi lingkungan, sambungnya, juga diwujudkan melalui penghijauan melakukan penanaman pohon pada sisi jalan yang terlihat gersang.

Selain itu, bersama MTs setempat, MAN Kapuas melakukan pembersihan taman-taman dan masjid.

"Gerakan secara moral dengan membuat slogan-slogan lingkungan, mural, toga dan disiapkan desain tanaman," tambah Sriadi.

Di lingkungan Kemenag Kalteng, MAN Kapuas merupakan salah satu sekolah yang diproyeksikan masuk Adiwiyata, di mana untuk skala Kalteng sekolah ini mendapat penilaian tertinggi.

Adiwiyata atau green school merupakan salah satu program pendidikan dari Kementerian Lingkungan Hidup, yang bertujuan mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup, di mana setiap tahunnya dilakukan kriteria penilaian penghargaan Adiwiyata.[zulkifli]


TAG