Masuki Musim Hujan, Fairid Ajak Masyarakat Cegah DBD

Print Friendly and PDF


PALANGKA RAYA - Wilayah Kota Palangka Raya dalam seminggu terakhir diguyur hujan cukup deras. Ini cukup menandakan mulai masuknya musim penghujan.

Seiring perubahan musim tersebut, salah satu gejala penyakit yang selalu muncul adalah demam berdarah dengue alias DBD. Terlebih berdasarkan informasi, penderita DBD sudah mulai ditemui di beberapa Puskesmas di Kota Palangka Raya. Bahkan kabarnya sudah merenggut korban jiwa.

Untuk menindaklanjuti itu, Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin bersama Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo, Camat Pahandut, Lurah Pahandut serta jajaran perangkat daerah lainnya, melakukan peninjauan langsung ke pusat pelayanan kesehatan. Salah satunya di Puskesmas Pahandut Jalan Letkol Darmosugondo Palangka Raya.

"Saya mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan pencegahan DBD. Pihak kelurahan dan kecamatan pun sudah diimbau untuk terus mensosialisasikan kepada masyarakatnya," katanya.

Fairid mengakui, penyakit DBD secara kemedisan belum ditemukan obat yang tepat. Hanya saja, masyarakat dapat mencegah dengan menerapkan pola hidup sehat, dengan membersihkan lingkungan masing-masing, dan ingat tiga M.

"Sederhana saja, yakni menerapkan hidup bersih dan sehat, terutama dimulai dari lingkungan keluarga," imbaunya.

Sementara dari hasil peninjauan ke Puskesmas Pahandut, menurut Fairid, secara umum pelayanan kesehatan yang dilakukan sudah maksimal.

"Tadi saya sempat berbincang dengan warga, mereka katakan semua pelayanan yang diberikan pihak Puskesmas sudah baik," ucapnya.

Fairid mengakui masih ada kekurangan yang perlu ditambah dalam peningkatan pelayanan pada puskesmas. Hanya semuanya secara perlahan akan dipenuhi pemerintah kota. Salah satunya adalah lapangan parkir Puskesmas yang masih sempit.

"Ke depan kami akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan terkait parkir, sebab akan menggeser terminal angkutan umum yang persis di depan Puskesmas Pahandut ini," pungkasnya.[abimanyu]


TAG