Mantap, Barsel Terima Reward Sertifikat Eliminasi Malaria

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Kabupaten Barito Selatan (Barsel) akan mendapat penghargaan sertifikat Eliminasi Malaria dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada peringatan Hari Penglihatan Sedunia yang akan dihelat di Surabaya, Kamis (11/10/2018) mendatang.

Reward tersebut rencananya akan diterima langsung oleh Bupati Barito Selatan H Eddy Raya Samsuri didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Dinas Kesehatan Barito Selatan.

"Insya Allah saya langsung akan menerima penghargaan tersebut ke Surabaya," ujar Eddy Raya kepada awak media, Selasa (9/10/2018).

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Barsel dr Djulita Kurniadia Palar melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit
Zainah Rusiana SKM  M Kes kepada awak media ini menerangkan, penghargaan eliminasi malaria tersebut didapat karena keberhasilan pihaknya mengantisipasi dan mengendalikan penularan penyakit malaria terhadap masyarakat di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus.

Rusiana menguraikan, bahwa kasus malaria di kabupaten Barito Selatan sudah mulai menurun sejak tahun 2012 hingga saat ini.

"Wajar jika kita berhak mendapat sertifikat tersebut, karena untuk 3 tahun terakhir di Barsel  tidak terdapat lagi penularan malaria yang disebabkan oleh nyamuk," ungkapnya.

Ia menambahkan walaupun Barsel mendapat sertifikat bebas malaria. Akan tetapi Dinas Kesehatan tidak boleh lengah dan terus melakukan pengendalian serta pencegahan agar kasus malaria tidak ada lagi di wilayahnya.

"Malaria itu adalah penyakit berbahaya dan bisa mematikan yang disebarkan oleh nyamuk aedes aegypti. Maka dari itu kita harus waspada terutama menjaga kebersihan lingkungan," tukasnya.[kenedy]


TAG