Manfaatkan Jambore PKK, Bupati Ben Bagi Penghargaan

Print Friendly and PDF

KUALA KAPUAS - Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat MM MT didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas Ary Egahni Ben Bahat SH kembali membuka Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten Kapuas yang dilaksanakan di Kecamatan Kapuas Timur, Selasa (30/10/2018) siang.

Kegiatan itu dihadiri oleh beberapa Kepala SOPD lingkup Pemkab Kapuas, Camat Kapuas Timur beserta Unsur Tripika Kecamatan, Sekretaris TP PKK beserta anggota, Ketua TP PKK Kecamatan beserta anggota, Kepala Desa se Kecamatan Kapuas Timur beserta Ketua TP PKK Desa, para undangan dan peserta jambore.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan Piagam Penghargaan Duta Imunisasi dari Dinas Kesehatan untuk Ketua TP PKK Desa Anjir Serapat Baru, Kultipator 2 unit dan hand sprayer 2 unit diserahkan kepada Kelompok Tani Doa Tani dan Keluarga sejahtera, ayam arab 280 ekor, bibit sirsak, jahe dan Bibit sayur dari Dinas Ketahanan Pangan diserahkan kepada ketua TP PKK Kecamatan Kapuas Timur. Selain itu, diserahkan pula bibit ikan nila dari Dinas Perikanan kepada TP PKK Desa Anjir Mambulau Timur.

Adapun Jambore Kader PKK di Kecamatan Kapuas Timur diikuti oleh 7 desa (Desa Anjir Serapat Tengah, Desa Anjir Serapat Timur, Desa Anjir Mambulau Barat, Desa Anjir Mambulau Tengah, Desa Anjir Mambulau Timur, Desa Anjir Serapat Barat, dan Desa Anjir Serapat Baru).

Selanjutnya kegiatan tersebut dirangkaikan dengan  pengumuman pemenang lomba dan penyerahan hadiah kepada para pemenang, dimana Lomba Pidato dan Lomba Yel-yel juara pertama dimenangkan oleh Desa Anjir Serapat Baru, Lomba Vocal Solo Juara Pertama dimenangkan oleh Kepala Desa Anjir Mambulau Tengah dan Juara Pertama Lomba Defile diraih oleh Desa Anjir Mambulau Barat.

Bupati Kapuas dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang harus selalu di dukung untuk menciptakan ibu-ibu yang kreatif dan memiliki pengetahuan luas dengan cara saling bertukar informasi.

“Kegiatan ini tidak dapat kita laksanakan tanpa kerja sama yang baik antar Kepala Desa dan Camat, selain itu kegiatan dapat terlaksana karena adanya Dana Desa dan Anggaran Dana Desa yang sudah diperjuangkan, kedepan saya usulkan tidak hanya Bapaknya yang mengikuti lomba menyanyi, tahun depan ibu-ibunya juga,” tutur Ben sembari memberi semangat para peserta. 

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Ary Egahni Ben Bahat SH dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh kepala desa yang turut mensukseskan penyelenggaraan Jambore PKK serta ia menekankan pentingnya imunisasi bagi anak-anak dan ibu hamil.

“Mari kita bersama-sama mengerti dan memahami bahwa kita tidak boleh ragu untuk menghantarkan anak-anak kita melengkapi imunisasi dasarnya, Dampak dari campak rubella sangat membahayakan salah satunya bagi ibu hamil,” terang Ary Egahni.

Selain itu, ia juga menyampaikan bulan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)  yang baru saja dilaksanakan sebagai gerakan yang berdampak baik bagi kesehatan masyarakat Kapuas melalui kebiasaan olah raga yang cukup, makan buah dan sayur yang banyak, dan menghindari penyakit yang tidak menular.

Ia bahkan menjelaskan data yang di dapatkan dari Dinas Kesehatan mengenai data stunting di Kabupaten Kapuas masih cukup tinggi dan hal ini akan berpengaruh pada masa tumbuh kembang anak-anak Kabupaten Kapuas.

Oleh karena itu, Ia mengimbau kepada seluruh masyrakat dan perangkat desa melalui Ketua TP PKK Desa untuk mengantarkan anak-anak ke Pos Yandu agar kesehatan dan tumbuh kembang mereka terkontrol dengan baik oleh tenaga kesehatan.[angga]


TAG