Lihat Kera Kuning, Warga Mengkatip Gelar Tolak Bala

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Ratusan warga Kelurahan Mengkatip Kecamatan Dusun Hilir melaksanakan pembacaan burdah dan tolak bala. Kegiatan tersebut dilakukan dengan cara berjalan kaki di malam hari, Selasa (16/10/2018) malam, ba'da salat Isya.

Menurut keterangan dari beberapa warga, mereka telah melihat keganjilan atau penampakan seekor kera berwarna kuning di daerah seputaran RT 06 dan RT 07. Hewan ini berkeliaran di siang hari di daerah pemukiman penduduk, tidak seperti biasanya.

Seperti yang disampaikan, Kamariah, salah satu warga. Ketika ia bersama dengan keponakannya ingin pulang dari perjalaan. Ketika itu ia terkejut seketika melihat seekor binatang yang seperti kera berwarna agak kekuning-kunigan tanpa memiliki ekor di antara rumah warga di RT 07 sekitar jam 13.00 WIB.

"Seketika itu juga saya ketakutan dan buru-buru ingin sampai kerumah," tuturnya kepada KabarKalteng, Rabu (17/10/2018).

Bukan Kamriah saja yang sempat melihat penampakan tersebut, tapi ada juga warga yang lain di antaranya Uden dan Mila.

Uden juga membenarkan sempat melihat binatang sejenis kera itu, namun dia melihat di daerah pemukiman penduduk di RT 06 di hari yang sama.

Mendengar cerita dari warga yang melihat langsung, warga jemaah Langgar Nurul Hikmah dan Sabilarrasyad langsung melalukan ritual tolak bala keliling kampung.

"Mengingat ini bulan Safar jadi kita langsung melakukan tolak bala kelliing kampung agar terhindar dari bala dan bencana," kata Mila.

Sampai berita ini diturunkan tentang binatang yang serupa dengan kera itu masih jadi tanda tanya warga sekitar. Ada yang mengatakan itu adalah binatang liar yang kebetulan mencari makan dan ada juga yang mencurigai itu bala api.[ali]


TAG