Lewat GMHP, KPU Kapuas Ajak Masyarakat Proaktif Pastikan Terdata Sebagai Pemilih


KUALA KAPUAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas mengajak masyarakat menyukseskan Pemilu 2019 melalui Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP).

Adi Resido, Komisoner KPU Kapuas, Divisi Data, Selasa (2/10/2018) mengatakan, melalui GMHP, KPU mengajak berbagai elemen dan masyarakat untuk melakukan pengecekan, memastikan apakah telah terdaftar sebagai pemilih dalam Pemilu 2019 nanti.

"Gerakan ini bertujuan, memastikan warga negara yang memenuhi syarat sebagai pemilih terdaftar sebagai pemilih," kata Adi Resido di Kantor KPU, Jalan Tambun Bungai Kapuas.

Menurutnya, berdasarkan petunjuk KPU RI, kegiatan GMHP akan berlangsung dari tanggal 1 Oktober hingga 28 Oktober mendatang.

Gerakan ini, sambungnya, dilakukan dengan mendata pemilih yang belum masuk ke Daftar Pemilih Tetap (DPT) lewat mekanisme verifikasi faktual, pendataan utamanya akan fokus pada pemilih pemula.

Menurutnya, dengan waktu yang tersisa akan  dioptimalkan untuk menyisir warga yang mempunyai hak pilih namun belum terdaftar dalam DPT.

"Kurang lebih sebulan kami akan data lagi warga yang belum masuk daftar pemilih," imbuhnya.

Pihaknya mengharapkan masyarakat mau datang ke kantor kelurahan atau desa minimal sekali untuk mengecek apakah sudah terdaftar atau belum.

"Masyarakat juga dapat melakukan pengecekan di website dengan alamat www lindungi hak pilihmu, disamping itu warga juga bisa mendownload aplikasi mobile dari KPU," jelasnya.

"Untuk gerakan ini kita Pusatkan di Kantor KPU Kapuas, sebagai sekretariat utamanya," pungkas Adi.[zulkifli]


TAG