Lagi, Polisi Amankan Pelaku Curat Sarang Walet

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Pelaku tindak kejahatan pencurian dengan pemberatan (curat) sarang burung walet di Kelurahan Bangkuang Kecamatan Karau Kuala, Barito Selatan (Barsel) dalam sepekan ini yang membuat warga resah akhirnya berhasil diamankan pihak Polsek Karau Kuala bersama oleh Unit Buser Polres Barsel.

Pelaku yang berhasil diamankan tersebut diantaranya, MR (28), WI,(40), LI (33), HL (28) kesemuanya warga Kelurahan Bangkuang.

Kapolres Barsel AKPB Eka Syarif Nugraha Husen SIK MSi melalui Kapolsek Karau Kuala Iptu Suhadak mengungkapkan modus operandi para pelaku ini melakukan aksinya melalui lantai atas atau menuju lobang pintu masuk burung bagian atas bangunan sarang burung walet dengan cara memanjat dinding menggunakan tali dan jangkar dari besi yang telah dimodifikasi.

Ditambahkan Suhadak, terungkapnya aksi para pelaku ini, pada hari Rabu tanggal 10 Oktober 2018, telah terjadi tindak pidana pencurian sarang burung walet milik H Kaspul Anwar, yang beralamat di Kelurahan Bangkuang RT 01 RW 01.

"Pada saat pelapor masuk kedalam banggunan sarang burung walet ada melihat anak burung berada dilantai dalam keadaan sudah mati, atas kejadian tersebut korban menggalami kerugian sebesar kurang lebih Rp.8.000.000," terang Kapolsek kepada KabarKalteng ketika pengungkapan kasus tersebut, Jumat (12/10/2018).

Lebih lanjut suhandak menjelaskan, para pelaku berikut barang bukti telah diamankan di Mako Polsek Karau Kuala guna pengembangan lebih lanjut.

"Untuk para tersangka ini akan disangkakan dengan Pasal 363 ayat (1) ke - 3e, ke - 4e dan ke - 5e, dengan ancaman kurungan penjara maksimal 7 tahun," tukasnya.[kenedy]


TAG