KPU Kapuas: Lewat GMHP, Pastikan Nama Anda Tercantum di DPT


KUALA KAPUAS - Untuk memastikan warga negara yang memenuhi syarat sebagai pemilih, apakah namanya telah masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT), melalui Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP), Adi Resido, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas, Kalteng, Jumat (12/10/2018) mengatakan, sepanjang bulan Oktober 2018 ini, diberikan kesempatan terakhir pada warga untuk mengkroscek namanya pada DPT di Pemilu 2019 nanti.

"GMHP ini untuk memastikan pemilih terfasilitasi hak pilihnya di Pemilu 2019," kata Adi Resido dihubungi melalui  sambungan seluler.

Apabila belum masuk di DPT, lanjut Adi, warga dapat mendaftarkan diri melalui PPS desa atau kelurahan sesuai domisili Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

"Untuk memastikan nama kita apakah sudah tercantum di DPT Pemilu 2019, pemilih bisa melakukan pengecekan ke kantor desa atau kelurahan setempat," jelas Ady.

Selain itu, lanjut Ady, pengecekan juga bisa dilakukan dengan mengunjungi laman www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id atau mengunduh aplikasi KPU RI 'Pemilu 2019' pada perangkat android.

"Secara teknis GMHP ini berupa Posko pengaduan di berbagai tingkatan penyelenggara," kata Komisoner KPU Divisi Data ini.

Posko GMHP, lanjutnya, mulai dari PPS (kantor desa/kelurahan), PPK (kantor kecamatan) dan di KPU sebagai tempat bagi masyarakat untuk melaporkan ketika ada pemilih yang belum terdaftar di DPT Pemilu 2019.[zulkifli]


TAG