Komisi A DPRD Kalteng Apresiasi Kinerja Disdukcapil Kapuas

Print Friendly and PDF


PALANGKA RAYA - Jajaran Komisi A DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, mengapresiasi kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas, yang dinilai cukup sukses dalam capaian progres pencatatan data penduduk.

Apresiasi ini, disampaikan oleh salah satu anggota Komisi A DPRD Kalteng, DR P Lantas Sinaga, yang ikut serta dalam kegiatan kunjunga kerja di Kapuas beberapa waktu lalu. Dikatakan Sinaga, Disdukcapil Kapuas merupakan salah satu dinas yang cukup aktif dalam pelaksanaan tugas pencatatan data kependudukan.

“Pelayanannya juga dapat dikatakan sangat baik terhadap masyarakat. Untuk target pencapaian setidaknya mereka (Disdukcapil)mengeluarkan 200 dokumen dalam sehari, untuk berbagai macam jenis identitas, dan bahkan e-KTP nya saja sudah 80 persen,” ujarnya kepada KabarKalteng, Senin (8/10/2018).

Diungkapkan oleh Sinaga lagi, ada beberapa poin yang membuat pihaknya mengapresiasi terhadap Disdukcapil Kapuas, yakni seperti kedisiplinan yang diterapkan dengan baik oleh ASN setempat, juga soal ketepatan waktu hingga pelayanan yang baik.

Bahkan, guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, tidak tanggung-tanggung Disdukcapil Kapuas tetap membuka pelayanan pada hari Minggu, yang seharusnya merupakan hari libur.

“Jajaran SOPD itu rela membuka pelayanan di hari Minggu, dikarenakan banyaknya masyarakat yang ingin berurusan, pada waktu-waktu senggang tersebut, dan itu sangat luar biasa,” ujar wakil rakyat dari Dapil I Provinsi Kalteng ini dengan nada salut.

Meskipun masih ditemukannya kendala dalam hal pelayanan, seperti persoalan jaringan internet, yang terkadang kurang maksimal, sehingga agak memperlambat pelayanan yang terintergritas secara online.

Namun hal tersebut, menurut Sinaga, tidak menyurutkan prestasi untuk menjadikan Disdukcapil Kapuas sebagai contoh bagi instansi lainnya, bahkan di seluruh Provinsi Kalteng.

"Padahal pelayanan yang dilakukan, sudah berjalan sebagaimana mestinya. Sayangnya kondisi jaringan yang tidak stabil, bahkan sedikit melemah membuat kinerja dalam lingkup online jadi kurang optimal. Namun mereka (Disdukcapil Kapuas) tetap bekerja semaksimal mungkin, hal itu patut dijadikan contoh bagi semua SOPD di Kabupaten lainnya di Kalteng," sebutnya.[abimanyu]


TAG