Kebakaran di Jalan Trans Kalimantan, Ini Dugaan Penyebabnya...!

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Kapolres Pulang Pisau AKBP Dedy Sumarsono SIK melalui Kapolsek Kahayan Hilir, Iptu Sugiharso menyampaikan, telah terjadi kebarakan yang menghanguskan satu buah rumah milik Bogeh atau Bapak Darto, pada Sabtu (13/10/2018) sekitar Pukul 15.00 WIB di Jalan Trans Kalimantan RT 03 Desa Gohong, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau.

Dari musibah kebakaran itu, ditaksir kerugian mencapai Rp 95 Juta. "Perabot rumah tangga dan barang
berharga ikut terbakar," kata Sugi begitu sapaan akrabnya menyampaikan kepada wartawan media ini, Minggu (14/10/2018) malam.

Sugi menjelaskan kronologis kejadian, pada saat terjadi kebakaran, pemilik rumah beserta keluarga tidak berada ditempat. Selmi salah satu anggota keluarga sebelum kebakaran keluar rumah menuju warung yang baru dibuat yang berjarak sekitar 40 meter dari rumah. Tidak lama, lanjutnya, disusul orang tuanya juga keluar dari rumah tersebut.

Selanjutnya, kata Sugi, Selmi beserta suaminya Rawadi hanya melihat kepulan asap hitam dari rumah orang tuanya itu. Tapi dengan cepat api sudah membakar teras dan langsung menjalar membakar seluruh rumah dan isinya yang semi permanen berukuran 25x8 meter  berbahan kayu.

"Api dengan cepat membakar rumah
dalam waktu setengah jam. Pemadam telah berusaha untuk memadamkan api," terang Kapolsek.

Akibat kebakaran tersebut, ungkap Sugi, barang berharga seperti 2 unit mesin genset dan 4 unit mesin alkon, 2 badan klotok, bersama perabot rumah
tangga lainnya tidak ada yang bisa
diselamatkan. Begitu pula surat berharga lainnya seperti surat tanah, STNK, BPKB, perhiasan emas, juga ikut terbakar," tuturnya menjelaskan.

Sementara, tambah Sugi, dugaan api penyebab kebakaran rumah semi permanen itu berasal dari obat nyamuk yang menyala di rumah tersebut.

"Petugas yang datang ke lokasi kebakaran diantaranya, KA SPKT Polres Pulpis beserta anggota, Anggota Sat Sabhara, Iden Sat Reskrim (Krimum),
Intel Polres dan Polsek Kahayan Hilir, BPBD Kabupaten Pulang pisau dan BPK Semangat Baru Kabupaten Kapuas," kata Sugi.[manan]


TAG