• Latest News

    Selasa, 02 Oktober 2018

    Karhutla di Seberang Dishub, Bupati Edy Turun Padamkan Api


    PULANG PISAU - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Wilayah Kabupaten Pulang Pisau sampai saat ini masih terjadi. Tak terkecuali di wilayah Kecamatan Hilir yang juga mengalami karhutla.

    Usai membuka Rakordal Triwulan III di Aula Bappedalitbang kabupaten setempat. Dikabarkan Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo S.Sos MM didampingi Kapolres Pulang Pisau, AKBP Dedy Sumarsono SIK, MH, Kepala BPBD, Salahudin, Kadis PUPR, Usis I Sangkai, Kepala Satpol PP dan petugas gabungan Karhutla lainnya, Selasa (2/10/2018) membantu upaya memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di jalan Lintas Trans Kalimantan Desa Anjr Pulang Pisau (seberang Kantor Dishub Pulpis).

    Kepada awak media, H Edy Pratowo menyampaikan bahwa pihak pemerintah maupun TNI/Polri tak henti-hentinya terus mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan membuka lahan, agar tidak dengan cara dibakar. Karena kata orang nomor satu di Bumi Handep Hapakat itu, dampaknya akan dirasakan oleh semua masyarakat.

    Selain mengganggu kesehatan, terang Edy, asap yang ditimbulkan dari karhutla tentunya dapat menganggu aktivitas masyarakat, seperti menghambat akses perekonomian masyarakat.

    "Untuk itu kita sangat berharap kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga dan yang akan membuka lahan tidak dengan cara membakar," ungkapnya.

    Ditambahkan Edy, sampai saat ini upaya pencegahan melalui sosialisasi dan imbauan agar tidak membakar lahan terus dilakukan hingga pelosok desa, dan sudah jelas, bagi masyarakat yang melanggar hal tersebut akan dikenakan sanksi berupa kurungan penjara dan denda. Akan tetapi, kata Edy, kembali lagi kepada kesadaran masyarakat itu sendiri.

    "Kalau aturan itu dilanggar, tentu pelaku pembakar hutan dan lahan itu akan kita tindak tegas sesuai aturan yang ditetapkan. Dan kami mohon kerjasamanya,  agar tidak membakar hutan dan lahan demi kelestarian alam," pungkasnya pada kesempatan itu.[manan]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Karhutla di Seberang Dishub, Bupati Edy Turun Padamkan Api Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top