Kapuas Tetapkan 13 Rencana Tindak Lanjut Imunisasi MR

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas menetapkan Tigabelas Rencana Tindklanjut menyikapi perkembangan situasi  KLB Mix Campak Rubella di Kabupaten Kapuas sebagai hasil Rapat Koordinasi Lintas Sektoral, Senin (22/10/2018) di Aula Kemenag Kapuas.

Adapun data yang ada pada Dinas Kesehatan setempat hingga (20/10/2018) terdapat 71 kasus yang terlaporkan, tidak terlaporkan tentu masih ada, dengan melakukan

Peserta Rapat Koordinasi Lintas Sektor Kampanye Imunisasi Measles-Rubella (MR) yang dipimpin langsung Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor ini menghadirkan narasumber dr Endang L Narang M Kes Kepala Bidang P2P Dinkes Provinsi Kalteng, Agus Budiono konsultan WHO untuk Kalteng dan dr Aalfrida Agustina Cornelia S Provincial Coordiantor MR untuk Kalselteng UNICHEF.

Adapun hasil kesepakatan tersebut diantaranya yakni status Kabupaten Kapuas saat ini sedang dalam kondisi darurat KLB Mix Campak dan Rubella, sehingga diupayakan semaksimal mungkin pencapaian target cakupan imunisasi MR sekurang-kurangnya 95 persen bagi sekolah-sekolah dibawah koordinasi Dinas Pendidikan, bagi madrasah/sekolah/pondok pesantren yang berada di bawah naungan Kementerian Agama serta Camat dan Kades/Lurah segera berkordinasi dengan semua lintas sektor dalam wilayahnya serta memfasilitasi kegiatan sosial wujud pertanggung jawaban terhadap capaian kampanye.

Ditetapkan pula peran Tim Penggerak PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa melalui Kader-Kader PKK, disambut anusias oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Ary Egahni Ben Bahat yang akan mengerahkan segala potensi untuk berperan aktif membantu menggerakan masyarakat membawa anaknya ke pos-pos imunisasi.

“Dalam waktu dekat TP PKK Kabupaten Kapuas akan melaksanakan kegiatan ke 17 Kecamatan ke seluruh wilayah Kabupaten Kapuas. Selain menjalankan 10 Program Pokok PKK, kami juga akan lebih mengintensifkan sosialisasi pentingnya Imunisasi Measles-Rubella. Kami akan himbau kepada orang tua agar membawa anak-anaknya ke pos-pos imunisasi terdekat ini demi kesehatan kita untuk membangun generasi bangsa yang sehat, kuat dan cerdas,” ucap Ary Egahni.

Sementara itu, Plt Kadis Kominfo Kapuas yang mendapat tugas untuk meningkatkan penyebaran informasi kampanye MR kepada masyarakat menyatakan kesiapannya.

“Dinas Kominfo memiliki Radio RSPD yang menjangkau hingga pelosok desa, Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) dengan cara sms ke Kapuas spasi masalah apa kirim ke 1708 yang beroperasi 24 jam serta jejaring media sosial, online dan kerjasama media cetak. Akan kami maksimalkan semua komponen itu sesuai segmen masing-masing demi pencapaian tujuan dan target yang diharapkan,” pungkas H Suwarno Muriyat.[angga]


TAG