Kampanye Germas Bataguh Dicanangkan

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Pencangan Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kecamatan Bataguh dilakukan secara langsung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat yang didampinggi secara langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Ary Egahni Ben Bahat, Selasa  (16/10/2018) siang di lapangan Purwodadi Desa Tamban Luar Kecamatan Bataguh.

Selain masyarakat setempat kegiatan tersebut juga diikuti langsung oleh sejumlah kepala SOPD, para Kader PKK Kabuten Kapuas dan PMI Kabupaten Kapuas.

Dalam sambutannya Bupati Kapuas menerangkan bahwa Desa tersebut merupakan salah satu Desa yang menjadi perhatiannya karena Desa tersbeut dulunya adalah sebuh dusun yang siap dimekarkan menjadi sebuah Desa. Dengan terlaksananya pecangan Germas pada kesempatan itu dapat meningkatkan kesehatan masnyarakat.

"Terlaksananya kegiatan ini tentu memiliki tujuan supaya masyarakat dapat hidup sehat oleh karena itu kita perlu melakukan kampanye ini keseluruh masyarakat," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama ia juga meminta kepada masyarakat agar menjauhi yang namanya narkoba, zenit serta minuman keras dan bersatu padu melangkah dan menyatukan pikiran untuk memajukan Kabupaten Kapuas tanpa membedakan suku, agama, ras, warna kulit dan golongan karena menurutnya semua bersaudara.

Lebih lanjut Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas yang juga menjabat sebagai Ketua PMI Kabupaten Kapuas sangat mendukung dengan dilaksankannya Germas hal itu dibuktikan dengan diberikannya spanduk Pencangan Kampanye Germas untuk Kecamatan Bataguh yang nantinya dapat dibagikan di setiap Desa atau Kelurahan.

Dalam kesempatan itu ia mengimbau dan mengaharapakan masyarakat Kabupaten Kapuas suapaya tidak ragu-ragu mengantarkan anak-anak bayi dan balita, bahkan anak sampai dengan lima tahun untuk datang keposyandu, untuk melindungi dan menambah kekebalan anak dalam hal itu masyarakat Kabupaten Kapuas, informasi terkait imunisasi MR yang akan dilaksankan sampai 31 oktober 2018 juga ia sampaikan pada kesempatan itu, dengan harapan germas dapat menambah kesehatan kelaurga.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Apendi menerangkan bahwa ada tiga hal untuk germas yaitu aktifitas fisik rutin, makan sayur dan buah serta melakukan cek kesehatan secara rutin, sedangkan Budi Kurniawan selaku Camat Bataguh dalam kesempatan itu melaporkan secara langsung mengenai kondisi masyarakat setempat dan rencana kegiatan bebas buang air besar sembarangan dengan dilakukannya pembangunan wc dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sehat dan cerdas.[angga]


TAG