Hari Kedua Gelar Razia, 10 Pelanggar Kena Tilang

Print Friendly and PDF

PALANGKA RAYA - Jajaran kepolisian Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan razia kendaraan dalam kegiatan Operasi Zebra Telabang 2018, Rabu (31/10/2018).

Dalam hari kedua kegiatan itu, sebanyak 10 pengendara yang terjaring razia. Baik roda dua ataupun roda empat, semuanya tidak dapat menunjukan surat-surat kendaraannya saat dirazia.

Razia yang dipimpin langsung oleh Dirlantas Polda Kalteng Kombes Pol Aries Syahbudin, pelaksanaan razia ini tidak mengenal waktu dan tempat, dengan sasaran para pengguna kendaraan di jalan raya.

"Razia kami fokuskan di wilayah Palangka Raya dan sekitarnya. Razia kendaraan ini bukan untuk menghambat arus aktivitas masyarakat yang menggunakan kendaraan, melainkan bertujuan mengembangkan dan menumbuh kembangkan kesadaran pengguna kendaraan agar mematuhi aturan berlalu lintas untuk menciptakan kenyamanan bagi pengguna kendaraan dan keselamatan saat di jalan raya," tuturnya.

Dalam pelaksanaan operasi zebra tersebut, Polda Kalteng melakukan penertiban razia, utamanya pada sejumlah tempat atau kawasan strategis yang biasanya ramai dilintasi oleh para pengguna kendaraan dan sasaran utama pada operasi zebra kali ini adalah pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm dan pengendara sepeda motor dibawah umur.

Di samping pelaksanaan razia, dari pihak Satlantas juga dibarengi sosialisasi atau peringatan, terutama bagi pengguna kendaraan yang terjaring razia agar kedepannya dapat mematuhi aturan lalu lintas secara baik dan benar.

"Selain itu diharuskan menggunakan perlengkapan kendaraan sesuai standar seperti helm termasuk menghidupkan lampu kendaraan serta tidak lupa menggunakan sabuk pengaman bagi pengendara roda empat," tutupnya.[abimanyu]


TAG