Hadiri Launching Aplikasi PAHARI, Bupati Edy Ajak Kembangkan Inovasi Desa

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Upaya mengembangkan inovasi desa dan potensi daerah terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau.

Untuk itu, Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo mengajak kepada seluruh pihak terkait dalam hal ini DPMD, Camat, Kepala Desa (Kades) dan Tenaga Pendamping Desa untuk dapat membina dan mengarahkan masyarakatnya dalam mengelola produk-produk unggulan di masing-masing wilayahnya.

"Kita harapkan kedepannya desa dan daerah akan lebih baik, maju dan berkembang lagi. Segala inovasi dan potensinya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat," kata Edy menyampaikan saat menghadiri acara Bursa Inovasi Desa Tingkat Kabupaten Pulang Pisau, Selasa (30/10/2018) di GPU Handep Hapakat.

Menurutnya, bursa inovasi desa ini hadir sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dana Desa (DD) dalam mengembangkan rencama dan pelaksanaan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki daya saing, dengan fokus pada pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia dan infrastruktur desa.

Dari itu, lanjut Bupati Edy, sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat, tiap tahunnya desa menerima anggaran dari Pemerintah Pusat melalui dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD).

"Oleh karena itu harus direncakan sebaik-baiknya, dan buatlah program-program kegiatan yang benar-benar dibutuhkan masyarakat," kata Edy berpesan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Edy juga mengimbau kepada seluruh Kepala Desa di Wilayah Kabupaten Pulang Pisau, agar memanfaatkan kesempatan yang baik ini untuk pertukaran pengetahuan dan inovasi antar desa. Sehingga tambahnya, berbagai kisah sukses di satu desa dapat direplikasi di desa lain.

"Desa juga diharapkan bisa menciptakan ide-ide, gagasan dan kreatifitas yang efeknya bisa langsung dirasakan pemanfaatannya oleh masyarakat," tukasnya.

Edy pada kesempatan itu juga, mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah membantu dan berkontribusi dalam pelaksanaan pembangunan, sehingga di Kabupaten Pulang Pisau tidak ada lagi desa dengan kategori Swadaya yang artinya yang taraf pendidikannya rendah, cenderung tertutup terhadap perubahan dan hanya mampu memenuhi kebutuhan primer.

"Dengan bursa inovasi desa ini dapat meningkatkan penggunaan dana desa terhadap kebutuhan masyarakat desa yang inovatif," ujar Edy.

Sementara pada acara tersebut juga sekaligus launching aplikasi PAHARI oleh Dinas PMD Kabupaten Pulang Pisau.[manan]


TAG