Gubernur Hadiri Hari Sumpah Pemuda di Sampit

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Upacara Hari Sumpah Pemuda diperingati tiap tanggal 28 Oktober setiap tahunnya. Seluruh elemen bangsa dari ujung timur sampai ujung barat indonesia turut merayakan dengan berbagai kegiatan. Salah satu kota yang merayakan puncak acara Sumpah Pemuda ke-90 yaitu ibukota Provinsi Kalimantan Tengah.

Sebagai tuan rumah pelaksa kegiatan kali ini di laksanakan di Kabupaten Kotawaringin Timur, bertempat di Stadion 10 November Sampit, karena pada saat apel turun hujan deras maka acara dipindahkan ke aula gedung olahraga, Minggu (28/10/2018) pagi.

Acara dihadiri perwakilan seluruh SOPD seKalimantan Tengah, dari Kabupaten Kapuas diwakili oleh Kepala Dispora dan Kepala Kesbangpol, setelah pengibaran bendera merah putih diiringi lagu Indonesia Raya.

Selanjutnya pidato Menteri Pemuda dan Olahraga yang dibacakan oleh Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran menyampaikan hari sumpah pemuda ke-90 kali ini mengambil tema ‘’Bangun Pemuda Satukan Indonesia‘’ tema diambil  berdasarkan pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertahwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, cerdas, bertanggung jawab, kreakif,  serta memiliki jiwa kepemimpinan.

Revolusi mental yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo dapat mewujudkan pemuda yang maju. Pemuda yang maju iyalah pemuda yang memliki karakter, berkapasitas, berdaya saing. Hendaknya dengan adanya revolusi mental dapat dijadikan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju.

‘’Dengan  mewujudkan Pemuda yang maju berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat,” terangnya.

Sebelumnya seperti dikatakan diatas bahwa ada berbagai kegiatan perayaan menyambut sumpah pemuda, kali ini Kabupaten Kapuas ikut berpasitipasi mengikuti lomba beregu voli putra dan putri selama satu hari.

Akhir acara sambil mendengarkan lagu-lagu nasional kebangsaan, puncak peringatan hari sumpah pemuda ke-90 diteruskan dengan pembubuhan tanda tangan diatas kain putih sepanjang 90 meter oleh seluruh yang hadir sebagai bentuk komitmen.[angga]


TAG