Festival Tandak Intan Kaharingan Barut Resmi Dibuka

Print Friendly and PDF

MUARA TEWEH - Untuk mengembangkan umat yang baik serta beriman, Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan (MD-AHK) melaksanakan festival Tandak Intan Kaharingan tingkat Kabupaten Barito Utara (Barut).

Festival ini akan dilaksanakan di Balai Induk Hindu Kaharingan kota Muara Teweh.

Hano SAg, Ketua panitia Tandak mengatakan, festival ini diikuti oleh peserta se kabupaten yang diikuti sebanyak 432 peserta lomba. Untuk penampungan panitia menggunakan asrama putra putri Hindu Kaharingan.

Pada festival kali ini ada sembilan kategori yang diperlombakan. Acara ini bertujuan untuk menambah dan memberi pengetahuan ilmu keagamaan bagi umat Hindu Kaharingan, terutama anak-anak remaja sehingga mereka lebih memahami dan lebih mendekatkan diri kepada Ranying Hatala Langit atau Tuhan Yang Maha Esa.

"Selain itu diharapkan kita bisa lebih menyadari akan pentingnya iman dan takwa dalam bermasyarakat sehari-hari serta untuk mencari dan menjaring bibit-bibit yang mampu untuk mewakili kabupaten Barut dalam mengikuti lomba festival tandak ditingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang akan dilaksanakan di Tamiang Layang (Bartim)," ucapnya.

Sementara itu, Suwito, Ketua Lembaga Pengembangan Tandak Intan Kaharingan (LPT-IK) Kalteng mengatakan, festival Tandak Intan Kaharingan yang dilaksanakan saat ini, merupakan wujud pelaksanaan amanat anggaran rumah tangga lembaga pengembangan Tandak Intan Kaharingan Kalteng.

Ini sebagai upaya dalam menanamkan nilai ajaran agama Hindu Kaharingan dan memberikan pemahaman dan penghayatan terhadap kitab suci panaturan sebagai kitab Suci Umat Hindu Kaharingan maupun terhadap upacara-upacara sesuai dengan kepercayaan umat Hindu Kaharingan di Kalteng.

"Festival Tandak Intan Kaharingan ini dilaksanakan secara berjenjang olah lembaga pengembangan Tandak Intan, baik di tingkat kecamatan, kabupaten/kota maupun ditingkat provinsi," ujarnya.

Asisten I Pemkab Barut, Hendro Nakalelo mewakili Bupati Barut H Nadalsyah menyampaikan maaf yang sebesar-besarnya, karena saat ini bupati tidak dapat hadir ditengah-tengah acara.

Dikatakannya, saat ini bupati sedang berada di luar kota untuk menerima penghargaan lencana melati dari ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) pramuka yang disematkan lansung oleh gubernur Kalteng.

"Atas nama pemerintah daerah maupun pribadi saya mengucapkan selamat kepada saudara-saudara yang sudah melaksanakan acara Tandak Intan Kaharingan yang nanti hasilnya akan diberangkatkan ke Tamiang Layang," imbuhnya.

Festival Tandak Intan Kaharingan merupakan sarana untuk lebih memaknai ajaran beragama serta lebih mendekatkan diri kepada Ranying Hatala Langit, Tuhan yang Maha Esa, dan juga saya berharap festival tandak intan kaharingan tahun ini dapat memberikan nilai-nilai spritual yang lebih tinggi  kepada kita dalam rangka meningkatkan keminanan kepada Tuhan yang  Maha Esa.

"Melaui festival ini, mari kita renungkan kembali hakikat kehidupan di dunia ini seraya memohon petunjuk dan dan bimbingannya. Semoga kedamaian sebagai buah dari persatuan dan kesatuan diantara kita, mari kita bangun bersama daerah yang kita cintai ini dengan semangat persatuan, kerukunan interen, dan antar umat beragama dengan pemerintah. Semoga Tuhan senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuknya kepada kita semua," tutupnya.[doni]


TAG