Festival Tandak Intan Barut Resmi Ditutup

Print Friendly and PDF

MUARA TEWEH - Pelaksanaan Festival Tandak Intan Kaharingan tingkat Kabupaten Barito Utara (Barut) resmi ditutup di Gedung Aula Tandak Agama Hindu Kaharingan, Kota Muara Teweh, Rabu (31/10/2018).

Juara di festival kali ini akan dikirim untuk mengikuti Tandak Intan Kaharingan tingkat provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang dilaksanakan di kabupaten Barito Timur, 28 November 2018 nanti.

Aryosi Jiono, Sekretaris Lengembangan Tandak kabupaten Barut mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten yang sudah mensupport kegiatan tersebut sehingga dapat terlaksana dengan sukses.

Aryosi mengatakan, ke depannya diharapkan bantuan pemerintah untuk keberangkatan kontingan Tandak kabupaten Barut agar dapat lebih diperhatikan lagi terutama dari segi pendanaan.

"Apabila kegiatan itu nanti tidak didukung penuh oleh Pemkab Barut maka mustahil bagi kami untuk bisa hadir pada kegiatan yang akan dilaksakan di Tamiang Layang," ujarnya.

Di waktu yang berbeda Ardianto, selaku Ketua Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Barut mengharapkan pelaksanaan Tandak berikutnya bisa lebih ditingkatkan lagi, terutama di segi anggaran dana.

Karena, menurut Ardianto anggaran yang dibantu pemerintah daerah saat ini sangat minim sekali, sehingga pelayanan menjadi sangat terbatas.

"Namun walaupun demikian kami ucapkan terima kasih juga kepada pemerintah daerah yang sudah mensupport dan mendukung acara ini," ujarnya.

Ardiano SAg sebelum menutup secara resmi kegiatan Tandak mengatakan, saat ini umat Hindu Kaharingan tengah mendalamkan spiritual keagamaan melalui festival Tandak yang digelar setiap dua tahun sekali.

"Saya mengharapkan umat Hindu Kaharingan yang ada di kabupaten Barut untuk dapat lebih giat lagi dalam berlatih, sehingga bisa menjadi juara di tingkat provinsi, "tutupnya.[doni]


TAG