DPMD Dorong Desa Lakukan Percepatan Laporan Penyerapan DD

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, mendorong Pemerintahan Desa melakukan percepatan laporan penyerapan anggaran Dana Desa (DD) tahap kedua yang sudah direalisasikan.

Drs Ibak, Mpd, Kepala DPMD Kabupaten Kapuas, Kamis (25/10/2018) mengatakan, percepatan laporan penyerapan DD ini harus segera dibuat. Ini juga untuk menindaklanjuti monitoring Kantor Perbendaharaan Negara (KPN).

"Monitoring supaya melakukan percepatan laporan penyerapan termasuk dana desa," kata Ibak, saat ditemui di ruang kerjanya.

Proses percepatan pertanggungjawaban, lanjutnya, harus dilakukan sebagai syarat utama untuk penyaluran tahap ketiga. Mekanisme penyaluran DD ada tiga tahap, 20 persen tahap pertama, 40 persen tahap kedua dan 40 persen tahan terakhir atau ketiga.

"Rentang Oktober hingga Desember ini masih bisa untuk tahap tiga, 40 persen itu," imbuh mantan Kabag Kesbangpolinmas ini.

Menurutnya, jika laporan dimaksud mencapai 70 hingga 75 persen, itulah nantinya yang menjadi dasar untuk pencairan tahap ketiga.

"Kami memacu dan mendorong, untuk percepatan Senin depan ditargetkan dapat mencapai 70 sampai 75 persen," pungkasnya.[angga/zulkifli]


TAG