Diskominfo Dukung Kegiatan Belajar di Luar Kelas

Print Friendly and PDF

KUALA KAPUAS - Pelaksanaan kegiatan belajar diluar kelas yang dilakukan se-Indonesia pada 1 November 2018, yang juga diikuti oleh Kabupaten Kapuas, mendapat respon positif  dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskomnfo) Kabupaten Kapuas.

Untuk Kabupaten Kapuas kegiatan belajar di luar sekolah dilaksanakan di SMP Negeri 3 Selat Kuala Kapuas.

Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas, H Suwarno Muriyat menyampaikan mendukung kegiatan pembelajar diluar kelas karena dengan belajar diluar kelas akan memperoleh banyak hal terutama dari alam.

Ia menerangkan dengan belajar dari alam secara langsung tentu akan membuat anak merasa lebih menyenangkan. "Dengan belajar dari alam secara langsung tentu akan membuat anak merasa lebih menyenangkan dan nyaman," ucapnya.

Ia juga menerangkan bahwa pembelajaran yang bagus adalah, pembelajaran yang aktif, efektif dan menyenangkan karena ketika Guru bisa membawa anak-anak ke suasana yang menyenangkan otomatis hasil yang diperoleh serta penyampaian ilmu akan lebih mudah.

Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan dan Tumbuh Kembang Anak, Dinas Pembedayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Kapuas Holdy yang didampingi Kepala Seksi Bagian Kelembagaan Anak Rasyidi, Kasi Tumbuh Kembang Anak K.Kamala bersama Kabid Ketenagaan Disdik Kabupaten Kapuas Yater, menerangkan bahwa belajar diluar kelas pada hari itu dilakukan serentak di Indonesia yang dilaksanakan dengan waktu dua jam 30 menit, yang mana SMPN 3 Selat Kuala Kapuas menjadi contoh sebgai Sekolah Ramah Anak (SRA).

Dalam program kota layak anak untuk Kabupaten Kapuas ia menginginkan Sekolah SMPN 3 Selat dapat menjadi contoh sekolah ramah anak yang mana nantinya sangat berperan dalam berkembangnya sekolah layak anak di Kapuas, yang mana ke depannya kabupaten Kapuas juga memiliki rencana akan ikut serta dalam kegiatan belajar diluar kelas tingkat nasional.

Kepala Sekolah SMPN 3 Selat Hairini Irawati menerangkan, sistem pembelajaran sekolah ramah anak di SMPN 3 Selat, tidak hanya pendidikan dalam kelas tapi ada juga pendidikan di luar kelas atau out door.

Itu artinya mengajarkan kepada anak-anak untuk mengenal lingkungan, bersosialisasi dan beradaptasi serta mengapresikan materi yang didapat dalam kelas untuk dibawa keluar kelas dengan harapan bahwa bukan hanya pembelajarn yang terbentuk seperti intelejensi saja tapi kita juga membina sikap karakter dan budi pekerti.[angga]


TAG