Dinkes Kapuas Gelar Intensifikasi Penemuan Kusta dan Frambusia

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Kapuas, Kalteng, menggelar kegiatan intensifikasi kusta dan frambusia melalui kampanye eliminasi kusta dan eradikasi frambusia. Kegiatan digelar selama dua hari 16 sampai 17 April 2018 di aula kantor Kemenag, Jalan Tambun Bungai  Kuala Kapuas.

"Kegiatan dua hari ini diundang dokter dan pemegang program untuk peningkatan kapasitas deteksi dini dan tata laksana kusta," kata Kepala Dinas Kesehatan, melalui Kabid Pencegahan Penyakit dr. Tri Setya Utami, Selasa (16/10/2018).

Untuk hari kedua, lanjut Tri, merupakan kegiatan advokasi kusta dengan lintas sektor yang akan menghadirkan pemateri dari Kemenkes, Diskes Provinsi dan Diskes Kabupaten.

Ditambahkannya, kegiatan diikuti 30 peserta terdiri pengelola kusta dan dokter Puskesmas dari 15 Puskesmas, serta ditambah dua orang dari lintas program, yaitu promkes dan laboratorium.

Menurutnya, pemerintah memberikan perhatian yang besar terhadap beberapa penyakit tropis terabaikan dalam beberapa tahun terakhir

"Perlu diketahui kusta termasuk penyakit infeksi tropis yang sering terabaikan "  pungkas Tri.[zulkifli]


TAG