Diminta Dewan, DPUPR tak Bisa Tunjukkan Rincian Anggaran Rp1 Miliar

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Barito Selatan, tidak bisa menunjukan rincian penggunaan anggaran sebesar Rp1 miliar kepada DPRD saat Rapat Pembahasan APBD Perubahan Barsel Tahun 2018.

Fakta ini terungkap saat pemimpin rapat, H Hasanuddin Agani mengajukan permintaan agar pihak DPUPR menjelaskan rincian terkait anggaran sebesar Rp200 juta untuk perbaikan alat berat dan Rp800 juta anggaran untuk perawatan jalan.

Permintaan ini diajukan saat rapat gabungan antara seluruh Komisi DPRD dengan SOPD Barsel, tepatnya dalam rapat pembahasan APBD-P Barsel tahun 2018, yang dilaksanakan di ruang rapat Komisi I DPRD Barsel, Rabu (17/10/2018).

Dalam permintaannya, Hasanuddin mempersilahkam DPUPR Barsel untuk menjelaskan rincian penggunaan anggaran yang bernilai total kurang lebih Rp1 miliar tersebut. Dirinya menilai bahwa pihak DPUPR harus membuka secara transparan menyangkut penggunaan anggaran tersebut.

"Kami minta pihak DPUPR bisa memberikan penjelasan secara rinci, mengenai kedua item kegiatan ini agar jelas dan transparan, karena saya bingung dua item ini tidak jelas, dan bahkan nama jalan yang dirawat apa dan apa saja alat-alat berat yang mau diperbaiki, itu tidak ada dijelaskan oleh pihak PUPR!," pintanya.

Sayang, meskipun sudah diberikan kesempatan bahkan hingga usai rapat diskor selama beberapa menit agar DPUPR bisa menyiapkan penjelasan mereka terkait dua item tersebut, pihak SOPD terkait tidak juga bisa menjelaskannya.

Munculnya permintaan Hasanuddin mengenai penjelasan atas dua item tersebut oleh DPUPR, dikarenakan dalam rincian anggaran yang tertuang dalam DPA, tidak dijelaskan secara rincian mengenai jalan mana saja yang akan dirawat menggunakan dana perawatan jalan sebesar Rp800 juta tersebut, dan alat berat apa saja serta komponen apa saja yang akan diperbaiki oleh pihak DPUPR dalam penggunaan anggaran perbaikan alat berat sebesar Rp200 juta.[tampetu]


TAG