Cintai Ulama, Edy Pratowo Hadiri Haul Guru Bangil

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Ketua PCNU sekaligus Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo, Minggu 28 Oktober akhir pekan lalu menyempatkan diri menghadiri acara haul Syekh Muhammad Syarwani Abdan (Guru Bangil) di Bangil, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Kehadiran orang nomor satu di Bumi Handep Hapakat inibbukan kali pertama, melainkan sudah merupakan kali kedua pada acara yang sama sejak tahun lalu.

"Saya memenuhi undangan panitia yang disampaikan melalui guru kita di kecamatan Kahayan Kuala, guru Adi, dan Alhamdulillah ini sudah yang kedua kalinya saya hadir di acara Haul guru Bangil ini," kata Edy, Senin (29/10/2018).

Edy sedikit menceritakan pada saat menghadiri kegiatan haul Guru Bangil, tidak hanya dirinya yang diundang selaku kepala daerah. Ada beberapa kepala daerah lainnya yang juga turut hadir pada haul guru, terutama kepala daerah dari kabupaten yang ada di Wilayah Kalimantan Selatan, seperti Bupati Tanah Bumbu, H Mardani Maming, Bupati Banjar KH Kholilurrahman, mantan Gubernur Kalsel Rudi Arifin, serta para habaib dan ulama terkenal di daerah Kalsel dan Jawa Timur.

"Pada kegiatan haul ke-30 tahun ini alhamdulillah diisi oleh Habib Quraisy bin Qosyim Baharun dari Kuningan Jakarta, nasihat-nasihat beliau dalam tausiahnya sangat menenangkan," ujar Edy yang saat itu hadir bersama rombongan pendamping, di antaranya ketua MUI Pulang Pisau, H Suryadi dan ketua Masjid Nurul Iman, H Akhmad Hernadi.

Pada kesempatan itu, Edy juga mengaku kehadirannya didampingi sejumlah kepala  dinas di lingkungan Pemkab Pulpis. Karena ungkapnya, sebelum ke Bangil, Ia bersama sejumlah kepala SOPS menghadiri kegiatan pelatihan bagi kepala desa di Bandung, Jawa Barat.

"Kita sempatkan kehadiran di Bangil, terlebih yang ditugasi menyerahkan undangan adalah guru kita, Guru Adi Bahaur yang sangat kita cintai sebagai tokoh ulama di Kabupaten Pulang Pisau," tukas Edy lagi.

Pada kesempatan yang baiknya itu pula, sosok Edy Pratowo telah dipertemukan dengan ahlul bait, anak dari KH Syarwani Abdan yakni KH Kasypul Anwar.

"Alhamdulillah dan penuh syukur, saya dan teman-teman dapat bertemu dengan Ahlul Bait Guru Bangil. Namun saat itu kita sangat prihatin kondisi beliau yang saat ini sedang sakit-sakitan, kita hanya bisa mendoakan, semoga Allah mengangkat penyakit beliau dan bisa sehat seperti sedia kala," tutupnya.[manan]


TAG