Catut Nama Kasatreskrim, Plt Kadis PUPR Dimintai Uang

Print Friendly and PDF

foto: ilustrasi

PULANG PISAU - Kasus penipuan dengan mencatut nama perwira menengah menimpa lingkungan Polres Pulang Pisau. Nama Kasat Reskrim Polres Pulpis, Iptu Jhon Digul Manra menjadi sasaran pihak diduga sengaja mencatut nama baiknya, dengan meminta sejumlah uang kepada Plt Kadis PUPR Pulpis, Usis I Sangkai melalui SMS.

Informasi yang berhasil dihimpun wartawan KabarKalteng, kronologis kejadian berawal saat Usis I Sangkai menerima SMS dari nomor handphone +62 823-6321-285, Jumat (19/10/2018). Isi pesan tersebut seperti ini "Selamat siang Pak Usis..Apa kbr Pak Kadis..
Mdh2an sehat dan baik saja.
Ijin Pak, ini sy IPTU Jhon Digul.
Kasat Reskrim Polres Pulang Pisau.
Terima kasih.

Namun saat itu, Usis belum menjawab SMS yang masuk di HP pribadinya. Lalu pelaku pencatut nama Kasat Reskrim Polres Pulpis melanjutkan SMSnya kembali "Oh ya, ada salam dari Bpk AKBP Dedy Sumarsono untk Bpk Usis I Sangakai. Kepala Dinas PU Pulang Pisau.
Terima kasih.

Lalu Usis I Sangkai membalas SMS tersebut. "Ya Pak Kasat nanti kami koordinasikan," jawab Usis dengan singkat.

Melihat balasan tersebut kembali pelaku mengirimi Usis dengan isi SMS-nya. "Siap Pak.Tksh sblmnya atas atensinya.
Tadi barusan kontak Ibu Taty Wakil bupati Pulpis dan minta ke beliau no Pak Usis Kadis PU. Ijin sy atas nama pribadi sbg Kasat Reskrim Polres Pulpis mewakili segenap tim anggota ada permohonan dari kami kalau boleh Pak. Mdh2an kita senantiasa selalu menjaga hub berteman baik dan siap saling bantu kalau ada masalah. Terima kasih

Tidak dibalas Usis, seterusnya pelaku kembali mengirimi SMS ke Usis dengan mencantumkan nomor rekening untuk meminta uang. Begini isi SMS-nya. "Ijin Pak Kadis..
Ini rek anggota yg mengurus tiketnya:
Bank BRI Pulang Pisau : 0336 0109 8605 508. An : Briptu Pol Darma Sunandar.

Masih tidak dibalas Usis, pelaku kembali mengirimi SMS yang isinya. "Kami segenap tim Reskrim Polres Pulpis sblmnya mengucpkan tmksh atas perhatian Bpk Usis Kadis PU Pulpis membantu kelancaran kinerja rekan2 di Reskrim Polres Pulpis. Sekedar info kita Pak..Jadwal Jkt-Pky pukul 14.00 siang ini Pak. Rp 1.913.000 untk / tiketnya.
Ijin Pak Kadis..Ada 2 tiket lg kendala kita yg blm Ok Pak. Tks salam hormat kami.

Sedikit merasa curiga, Usis masih belum membalas perihal SMS tersebut. Lalu pelaku kembali mengirimi SMS Usis dengan sedikit nada kesal, katanya, "Kalau Bpk Kadis merasa keberatan dan tdk mau membantu di info saja.
Agar kami tdk menunggu dan mengerti kedepannya seperti apa.
Tks sukses selalu.

Setelah pelaku mengirimi SMS cukup panjang, Usis langsung menghubungi Kasat Reskrim Polres Pulpis, untuk menyampaikan hal tersebut. Mendapat kabar itu, lalu Iptu Jhon Digul Manra mengatakan kepada Usis bahwa terkait adanya hal yang mencatut nama saya untuk meminta sejumlah uang untuk pembelian tiket pesawat itu tidak benar. "Pihaknya tidak ada meminta seperti dan jangan ditanggapi," kata Usis saat melakukan pembicaraannya dengan Iptu John Digul Manra yang disampaikannya kepada awak media, Jumat (19/10/2018).

Dari kejadian ini, kedua belah pihak mengecam atas perbuatan pelaku yang sengaja ingin merusak nama baik seseorang. "Kejadian ini kita serahkan ke pihak berwajib, dalam hal ini Polres Pulpis untuk ditindaklanjuti, agar kedepannya jangan sampai terjadi lagi," ucap Usis.

Sementara dikatakan Iptu Jhon Digul Manra, bahwa dirinya tidak pernah melakukan hal tersebut untuk meminta-minta sejumlah uang dan kejadian ini akan kita tindaklanjuti, karena sudah merusak nama baik seseorang.

"Saya minta tolong untuk diimbau kepada pejabat dan masyarakat Pulpis bahwa tidak benar ada permintaan tiket yang mengatas namakan Kasat Reskrim  tersebut hal ini sering terjadi pada saat dan menjelang adanya mutasi pejabat di suatu daerah," ucap Iptu Jhon Digul Manra.[manan]


TAG