• Latest News

    Selasa, 02 Oktober 2018

    Catat..!, Kampanye di Media Massa Dibolehkan Hanya 21 Hari


    KUALA KAPUAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) membatasi masa kampanye di media massa pada 21 hari sebelum masa tenang.

    Muntiara, Komisioner KPU Kapuas, Divisi SDM dan Parmas, Rabu (3/10/2018) mengatakan, waktu kampanye dimaksud yakni pada 24 Maret sampai 13 April 2019.

    "Metode kampanye Iklan media cetak, media elektronik, dan media dalam jaringan, masa kampanye  24 Maret 2019 sampai 13 April 2019," kata Muntiara.

    Menurutnya, peserta yang melakukan kampanye di media massa di luar jadwal itu dapat dikenakan sanksi, mulai dari peringatan hingga penghentian iklan kampanye pada  pada media massa.

    Hal itu menurutnya sebagaimana ketentuan peraturan KPU RI nomor 33 tahun 2018 perubahan kedua atas peraturan KPU nomor 23 tahun 2018, ketentuan itu termuat dalam pasal 74.

    Sebelumnya, Iswahyudi Wibowo, Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Kapuas mengatakan, ada sanksi bagi peserta Pemilu yang melanggar ketentuan dalam berkampanye untuk Pemilu 2019, bahkan hingga sanksi pidana.

    Menurut Bawaslu, larangan lainnya terkait kampanye diatur dalam pasal 521 UU  nomor 7 Tahun 2017 tentang melakukan kampanye yang dilarang bagi peserta Pemilu dan tim kampanye.

    "Dilarang mempersoalkan dasar negara Pancasila, menghina SARA, menghasut dan mengadu domba, mengganggu ketertiban umum, money politik itu semua tidak diperbolehkan," tegas Iswahyudi.[zulkifli]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Catat..!, Kampanye di Media Massa Dibolehkan Hanya 21 Hari Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top