Bupati Koyem Lantik Anggota BPD Terpilih

Print Friendly and PDF


MUARA TEWEH - Bupati Barito Utara (Barut) H Nadalsyah lantik anggota BPD terpilih desa Lawarang dan anggota BPD terpilih desa Linon Besi I kecamatan Gunung Purei, PAW anggota BPD Lemo II dan PAW anggota BPD Beringin Raya Kecamatan Teweh Tengah, PAW anggota BPD Luwe Hulu kecamatan Lahei Barat dan PAW anggota BPBD Sabuh Kecamatan Teweh Baru di desa Lemo II, Senin (15/10/2018).

Dalam sambutannya Nadalsyah menyampaikan, sebagaimana diketahui bahwa penyelenggaraan pemerintah kecamatan dan pemerintah desa telah ditetapkan beberapa kali, pengaturannya melalui Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1948 tentang pokok-pokok pemerintah daerah, Undang-Undang Nomor 19 tahun 1965 tentang desa praja, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1979 tentang pemerintahan desa sampai dengan yang terakhir Undang-Indang Nomor 6 Tahun 2014 tentang pemerintahan desa.

Dilanjutkan Koyem sapaan akrab Nadalsyah, tujuan dari ditetapkan peraturan tentang desa sebagaimana di maksud dalam pasal 18 ayat (7) dan pasal 18B ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menjelaskan bahwa negara mengakui, mendukung serta memperkuat masyarakat desa mengatasi kesenjangan pembangunan secara nasional demi mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyat indonesia.

Penggantian antar waktu (PAW) anggota BPD yang dilantik merupakan wakil masyarakat berdasarkan keterwakilan wilayah yang dipilih mewakili masyarakat untuk duduk dalam badan permusyawaratan desa. BPD merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintah desa, dengan demikian maka pemerintahan desa dituntut untuk mampu menumbuhkembangkan partisipasi dan peran serta aktif masyarakat dalam proses pemerintahan serta pembangunan.

"Terimakasih atas pengabdiannya pada periode masa tugas sebelumnya dan kepada pejabat BPD dan PAW anggota BPD yang baru dilantik, atas nama pemerintah mengucapkan selamat atas pelantikannya dan selamat menjalankan tugas," ucapnya.

Acara yang dilaksanakan di halaman Kantor Desa Lemo dua dihadiri Wakil Bupati Sugianto Panala Putra SH, Sekretaris Daerah, H Jainal Abidin MAP, Unsur FKPD, Kepala Perangkat Daerah,  perangkat desa tokoh agama  tokoh masyarakat  dan pelajar.[doni]


TAG