Bupati Ben Minta Kades Perhatikan Sanitasi untuk Desa

Print Friendly and PDF

KUALA KAPUAS - Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat MM MT didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas Ary Egahni Ben Bahat SH kembali membuka Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten Kapuas yang dilaksanakan di Dadahup, Selasa (30/10/2018) pagi.

Kegiatan itu dihadiri oleh beberapa Kepala SOPD lingkup Pemkab Kapuas, Camat Dadahup  beserta Unsur Tripika Kecamatan, Sekretaris TP PKK beserta anggota, Ketua TP PKK Kecamatan beserta anggota, Kepala Desa se Kecamatan Dadahup beserta Ketua TP PKK Desa, para undangan dan peserta jambore.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan Piagam Penghargaan Duta Imunisasi dari Dinas Kesehatan untuk Ketua TP PKK Desa Menteng Raya dan Desa Manuntung B-1, Bibit Sayuran dari Dinas Ketahanan Pangan kepada TP PKK Desa Petak Batuah, mesin pompa pemadam kebakaran dari Dinas Pertanian untuk kelompok tani maju bersama, hand sprayer, bibit sirsak dan jahe kepada Ketua TP PKK Kecamatan.

Adapun Jambore Kader PKK di Kecamatan Dadahup diikuti oleh 10 desa, yakni Desa Menteng Karya, Desa Sumber Agung, Desa Bina Jaya, Desa Manuntung, Desa Bentuk Jaya, Desa Sumber Alaska, Desa Petak Batuah, Desa Harapan Baru, Desa Dadahup, dan Desa Dadahup Raya.

Selanjutnya kegiatan tersebut dirangkaikan dengan pengumuman pemenang lomba dan penyerahan hadiah kepada para pemenang, dimana Lomba Pidato, Lomba Vocal Solo, Lomba Defile juara pertama diraih oleh Desa Bina Jaya dan lomba yel-yel juara pertama diraih oleh Desa Petak Batuah.

Bupati Kapuas dalam sambutannya menyampaikan akan terus membenahi infrastruktur untuk memperbaiki jalan agar akses masyarakat lebih cepat. Selain itu, ia juga menyampaikan setelah infrastruktur dibangun maka kita bersama membangun badan usaha milik desa sesuai dengan potensi yang ada.

“Kita sudah membuat Peraturan Bupati untuk membangun sanitasi yaitu sistem pembuangan air limbah untuk mandi dan toilet, dan silahkan di programkan menggunakan dana desa, supaya tidak ada lagi buang air besar sembarangan,” tutur Ben. 

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Ary Egahni Ben Bahat SH dalam sambutannya menyampaikan tujuan pelaksanaan kegiatan Jambore  PKK adalah untuk menghargai jerih payah seluruh kader PKK dan memberi pemahaman mengenai  10 program pokok PKK .

“Ketika seluruh kader PKK memahami dan mengerti seluruh tugas dan fungsinya, maka semua dapat di eksekusi langsung sampai  tingkat desa,” terang Ary Egahni.

Selain itu, ia juga menyampaikan bulan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang baru saja dilaksanakan sebagai gerakan yang berdampak baik bagi kesehatan masyarakat melalui kebiasaan olah raga yang cukup, makan buah dan sayur yang banyak, dan menghindari penyakit yang tidak menular dan mendukung pemerintah dalam menekan jumlah pertumbuhan anak stunting di Kabupaten Kapuas.

Ia juga menjelaskan pentingnya anak-anak dan ibu hamil untuk mengikuti imunisasi MR agar terhidar dari dampak yang membahayakan bagi janin yang dikandung serta dapat mengakibatkan sakit, cacat dan kematian.

Sementara itu dalam laporannya TP PKK Kecamatan Dadahup Ivo Krisnaeni SE menyampaikan bahwa pada tahun 2018 telah dicanangkan 2 Desa sebagai Kampung KB yaitu Desa Manuntung dan Desa Bentuk Jaya dan 1 Desa percontohan Posyandu yaitu Desa Bina jaya dan Paud Melati.[angga]


TAG