Buka Akses Jalan Desa Masuparia, Bupati Ben Lakukan Potong Pantan

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS – Masuparia merupakan salah satu desa yang berada di Hulu Kapuas, tepatnya di hulu Sungai Mendaun anak Sungai Kapuas.

Untuk mencapai Desa Masuparia, para pengunjung atau masyarakat dapat melakukan perjalanan darat misalnya dari Kuala Kapuas ke Desa Sei Hanyu, Kecamatan Kapuas Hulu. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Desa Tumbang Lahung, Kecamatan Permata Intan Kabupaten Murung Raya.

Dari Desa Tumbang Lahung perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan alat transportasi air (kelotok) ke Desa Batu Makap, Kabupaten Murung Raya selama kurang lebih 3 jam melintasi Sungai Barito berarus deras dan terdapat riam.

Tiba di Desa Batu Makap, dilanjutkan lagi perjalanan menggunakan transportasi kendaraan roda 2 (ojek) melintasi daerah perbukitan menuju Desa Masuparia dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam.

Warga di desa ini, selain suku Dayak juga merupakan warga pendatang seperti suku Sunda, Jawa dan Banjar yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai penambang emas dengan cara tradisional.

Selain kaya akan sumber daya mineral berupa emas, Masuparia juga dianugerahi alam yang indah, yang tidak kalah menariknya dari wisata alam di daerah lainnya. Terdapat beberapa air terjun di sana dengan ketinggian masing-masing berkisar kurang lebih 100 Meter, diantaranya air terjun Masupa,  Masupa Bahandang dan air terjun Gunung Puti.

Dari sana setiap pengunjung  pun dapat menyaksikan Puncak Gunung Manyarung, Masupa dan Gunung Manyawang. Kebutuhan pokok masyarakat di Desa Masuparia rata-rata dipasok dari Kabupaten Murung Raya, karena akses transportasi dari Sei Pinang sebagai ibukota Kecamatan Mandau Talawang belum ada.

Dengan  keadaan yang seperti itu, warga Desa Masuparia pun berharap agar Pemerintah Kabupaten Kapuas dapat segera merealisasikan pembuatan jalan darat yang dapat langsung menghubungkan ke desa tersebut.

Dalam menanggapi harapan warganya, Pemerintah Kabupaten Kapuas dibawah kepemimpinan Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT telah memulai membuka akses jalan ke Desa Masuparia tanpa harus melewati wilayah yang berada di Kabupaten Murung Raya.

“Sekarang sedang dibangun jalan tembus dari Hulu Sungai Kapuas Desa Tumbang Manyarung langsung ke Desa Masuparia. Dengan adanya pembukaan jalan ini akan membuka terisolasian Desa Masuparia yang dikenal memiliki panorama yang indah pemikat wisata, sekaligus mewujudkan harapan masyarakat untuk mendapatkan pasokan sembako murah,” papar mantan Kadis PU Provinsi Kalteng tersebut.[angga]


TAG