Bobol Rumah Kosong, Dua Pemuda Terpaksa Berurusan dengan Hukum

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Diduga melakukan aksi pencurian dengan membobol rumah kosong milik warga Desa Pilang RT 04, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau pada Senin (22/10/2018) pekan lalu, dua pemuda berinisial YA (20) dan DA (24), ditangkap anggota Polres Pulang Pisau.

“Kedua pelaku berhasil kita tangkap pada Minggu 28 Oktober saat keduanya tengah berada di Kota Palangka Raya,” kata AKBP Dedy Sumarsono, SIK, MH, melalui Kasat Reskrim Polres Pulang Pisau, Iptu John Digul Manra, SE, Senin (29/10/2018) kepada awak media.

Dari penangkapan kedua pelaku tersebut, pihaknya berhasil mengamankan sejumlah barang bukti kehilangan berupa 5 (lima) buah  Gong atau 1 set , 5 (lima) buah ambal atau karpet, 2 (dua) bilah Mandau (senjata khas dayak) antik, 1 (satu) buah Nampan Antik terbuat dari kuningan, 1 (Satu) buah Guci Kecil warna coklat kehitaman diameter kurang lebih 15 Cm x tinggi 30 Cm, 1 (satu) buah Lancang  tempat menginang / kapur sirih terbuat dari kuningan dan 1 (satu) buah sangku / tempat beras antik terbuat dari kuningan.

“Dari penangkapan itu juga, kita berhasil mengamankan kedua pelaku dan sejumlah barang bukti yang mereka ambil dari rumah kosong yang sengaja ditinggal pergi oleh pemiliknya," jelasnya.

Iptu John Digul mengungkapkan, bahwa  penangkapan kedua pelaku warga Desa Pilang tersebut, berdasarkan dari laporan Agus Priyanto (38) warga Desa Pilang Rt.  004, Kecamatan Jabiren Raya yang tertuang dalam laporan polisi nomor: LP / 08 /X / 2018 / KALTENG / RES PULPIS / SEK JABIREN RAYA,  Tgl.  22 Oktober 2018 tentanh Pencurian Dengan pemberatan Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 KUHP.

Pembobolan tersebut, lanjut Iptu John Digul, diketahui saat istri pelapor bernama Shinta (40) pulang ke rumah untuk mengecek rumah kosong milik orang tuanya yang susah meninggal itu pada Senin tanggal 22 Oktober 2018 sekitar Pukul 14.30 WIB pekan lalu.

Usai membuka pintu depan, katanya, Shinta masuk langsung ke rumah. Lalu ia  melihat jendela belakang rumah sudah dalam keadaan terbuka, selanjutnya mengecek isi di dalam rumah ternyata ada beberapa barang berharga yang didapati hilang. 

"Barang - barang tersebut sebelumnya semua berada di dalam kamar almarhum atau mertua pelapor yang tidak dikunci, namun dalam keadaan tertutup. Melihat hal itu, pelapor langsung melaporkan kejadian tersebut ke Kapolsek setempat dalam hal ini Polsek Jabiren Raya atas kejadian tersebut," tutur Jhon Digul.

Ditambahkan John Digul, diduga pelaku melakukan aksinya dengan cara mencongkel dinding kamar mandi yang terbuat dari seng dan memasuki rumah orang tua korban itu, lalu mengambil barang barang tersebut.

Akibat peristiwa tersebut kerugian ditaksir kerugian marterial sebesar Rp. 50.000.000.- (Lima Puluh Juta Rupiah).

Sementara dari tangan kedua pelaku, pihaknya juga berhasil mengamankan sejumalah barang bukti aksi pencurian tersebut berupa 1 (satu) unit kendaraan Jupiter MX warna merah, Nopol KH  4885 J, 1 (Satu) buah linggis, 5 (lima) buah Gong, 2 (dua) buah ambal, dan 1 (satu) buah blender.

"Kasus ini akan kita kenakan pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan pemberatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 tersebut," tukasnya.[manan]


TAG