BNNP Kalteng Musnahkan 299,79 Gram Barbuk Narkotika

Print Friendly and PDF


PALANGKA RAYA - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Tengah melakukan pemusnahan barang bukti (Barbuk) Narkotika jenis sabu (metafetamin) dengan berat kotor 301,45 Gram dan berat bersih (netto) 299,79 Gram, Senin (15/10/2018).

Dijelaskan oleh Kepala BNNP Kalteng, Brigjen Pol Lilik Heri Setiadi, yang dibacakan oleh AKBP Muhamad Soedja'i, barbuk tersebut disita dari tersangka Heryanto, yang terdaftar dalam Golongan 1 Nomor urut 61 Lampiran Undang - Undang RI. No.35 tahun 2009 tentang Narkotika setelah di sisihkan untuk kepentingan pembuktian perkara di persidangan.

Muhamad Soedja'i menjelaskan, maksud dan tujuan dilakukannya pemusnahan barang bukti jenis sabu ini, adalah untuk memberitahukan kepada masyarakat bahwa sabu yang ditangkap selama ini tidak di simpan dan disalahgunakan, dan dalam rangka menegakkan hukum yang berkeadilan.

Dilanjutkannya, di satu sisi narkotika digunakan untuk kepentingan pelayanan kesehatan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, namun di sisi lain disalah gunakan orang untuk menjadi ketergantungan.

Maka dari itu, pria yang merupakan Kepala BNN Kota Palangka Raya ini, kemudian menekankan agar seluruh komponen aparat penegak hukum dan masyarakat bersinergi dan bertindak tegas dalam hal penanganan peredaran dan penyalah gunaan Narkoba.

"Saya selaku yang mewakili Kepala BNNP Kalteng, mengajak semua pihak terutama yang menangani Narkoba supaya menangkap pengedar dan pemakai, untuk memutuskan jaringan Narkotika khususnya di Bumi Tambun Bungai ini," imbaunya.

Lebih lanjut, Sodja'i mengatakan, bahwa kegiatan pemusnahan sabu ini, merupakan implementasi dari komitment BNN serta aparat hukum lainnya dalam memberantas peredaran gelap narkotika, yang dapat mengganggu situasi kestabilan Kamtibmas.

"Narkotika dan peredarannya, dapat mengganggu kegiatan masyarakat khususnya di Provinsi Kalteng, sehingga wajib diberantas," tegasnya.

Dalam kegiatan pemusnahan barbuk yang dilaksanakan di kantor BNNP Kalteng ini, turut dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Kalteng, Dirresnarkoba Polda Kalteng, Kepala Dinas Kesehatan Kalteng dan Kepala Kejaksaan Negeri Palangka Raya, Ketua Pengadilan Negeri Palangka Raya, Kapolres Palangka Raya, Kepala BPOM Palangka Raya.[abimanyu]


TAG