Berikan Modal Dasar Menulis, Jurnalis Ini Tekankan Unsur 5W 1H

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Memasukan unsur 5W 1H dalam menulis berita merupakan hal-hal dasar untuk bisa menghasilkan berita yang baik sesuai kaidah jurnalistik, tak terkecuali dalam penulisan berita pada website internal.

Modal dasar ini ditekankan Ahmad Suhaili, wartawan senior saat memberikan materi pada kegiatan optimalisasi kehumasan dan pelatihan jurnalistik kepada ASN di aula Kantor Kemenag Kapuas, Rabu (24/10/2018).

"Pada prinsipnya setiap informasi, terlebih sebuah berita yang baik selalu mengandung unsur 5W 1H," ungkapnya.

Unsur 5W 1H dimaksud, sambungnya adalah singkatan dari "What, Who, When, Where, Why, dan How, yang dalam bahasa Indonesia menjadi "pa, siapa, kapan, dimana, mengapa dan bagamana.

"Semua unsur tersebut harus terkandung dalam sebuah artikel biasa atau berita," jelas Suhaili.

Berita itu, lanjutnya, selalu menyampaikan kabar utama dalam paragraf awal yang biasa dalam istilah jurnalistik disebut teras berita.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag, Kapuas yang diwakili H Hamidan, Kasubbag TU mengatakan, pelatihan singkat ini sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas pemberitaan dan publikasi melalui website internal yang dikelola Kemenag.

"Setidaknya ini dapat mempertahankan, di mana website Kemenag Kapuas pada tahun lalu memperolah peringkat satu se-Kalimantan Tengah," kata H Hamidan.[zulkifli]


TAG